Pemkab Manggarai

Bupati Hery Tinjau Sejumlah Sumber Mata Air di Kota Ruteng

Ruteng Kominfo- Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit S.E., M.A, didampingi Dirut PDAM Tirta Komodo Marcel Sudirman, meninjau sejumlah sumber mata air di kota Ruteng, kamis ( 11/01/2024). Beberapa sumber mata air yang ditinjau tersebut yakni, Wae Mese, Wae Pong Waso, Wae Teku Rowang, serta Wae Decer.

Bupati Hery mengatakan, peninjauan beberapa lokasi sumber  mata air di Kota Ruteng tersebut dilakukan untuk menangani dan merespon berbagai keluhan masyarakat kota Ruteng terkait pelayanan air minum bersih.

“ Perumda Tirta Komodo selama ini sudah cukup maksimal dalam memberikan pelayanan air minum bersih di manggarai, tentunya dengan berbagai langkah dan cara. Hari ini dengan beberapa tenaga ahli kita coba mendatangi beberapa sumber mata air, kita juga mendengar keluhan masyarakat soal air minum bersih ini,” ujarnya.

Langkah yang dilakukan oleh pemerintah daerah soal air minum bersih ini kata Bupati Hery yakni, ada beberapa proposal yang harus kita buat mengingat anggaranya cukup besar, review jaringan induk, serta analisa tingkat kebocoran.

“ Ujungnya kita coba bangun komunikasi dengan Kementrian PUPR, meskipun kita membutuhkan konsultan  untuk menyusun desain penyedian air minum bersih untuk kota ruteng, tapi dengan memasukan unsur pertumbuhan penduduk dalam sepuluh atau limabelas tahun mendatang. Yang kita tangani hari ini bukan sekedar kebutuhan sekarang  tetapi juga untuk sepuluh tahun akan datang, itu yang paling penting sehingga penangananya tidak sepotong-sepotong, “ ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, ketersedian air minum bersih mungkin terbatas untuk dua tahun kedepan, tetapi yang paling penting bagi masyarakat adalah kepastian pelayanan.

” Mungkin ada penjadwalan, penjadwalan itu pasti, mungkin dikomunikasikan dengan baik.Terkait bartambahnya jumlah penduduk, itu sebuah variabel yang harus kita masukan juga.  Selain itu kita juga akan masukan juga ke proposal soal pemanfaatan sumber sumber yang lain, misalnya dengan embung, tetapi tetap yang menjadi prioritas adalah sumber mata air ,” tandasnya

Bupati Hery menambahkan, apa yang dilakukan merupakan langkah awal dimana tentu akan membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi yang paling penting adalah bagaimana kita menangani dengan gambaran yang lebih besar.

” Tiga tahun terakhir ini kita menangani sepotong sepotong karena keterbatasan biaya, tetapi kedepan akan ditangani lebih serius,” ungkapnya.

Dirut PDAM Marcel Sudirman mengatakan, semua sumber mata air dalam wilayah kota ruteng mengalami penurunan, selain itu jumlah penduduk dari hari ke hari makin bertambah, sementara sisi lain hanya mengandalkan sumber-sumber mata air yang ada.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut yakni sejumlah PimpinanOPD, Pihak PDAM Tirta Komodo, serta sejumlah wartawan.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 9 =