Pemkab Manggarai

Bupati Hery Buka Sosialisasi Program Vaksinasi Kanker Serviks, Demam Berdarah dan Influenza.

Kominfo, Ruteng – Bertempat di aula MCC, Ruteng Sabtu 6 Juli 2024, Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit,S.E.,M.A membuka kegiatan sosialisasi program vaksinasi kanker serviks, demam berdarah dan influenza.

Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan para nara sumber yang berkompeten di bidangnya diantaranya : dr.Ida Ayu Candranita yang membawakan materi kanker serviks.

Kemudian dr.Ngurah Yudikrisna yang membawakan materi terkait influenza dan demam berdarah dan selanjutnya Fery Ari Nugroho selaku Manager  Regional Jawa Timur, Bali dan NTT dari Bio Farma yang membawakan materi vaksin kanker serviks, influenza dan demam berdarah.

Bupati Herybertus Nabit dalam sambutannya menyatakan keseriusan pemerintah kabupaten Manggarai dalam mengurus persoalan kanker terutama yang dialami kaum perempuan, yakni kanker payudara dan kanker serviks “masukan dari ibu ketua tim penggerak PKK selama beberapa tahun ini, kesehatan ibu terutama berkaitan dengan kanker, yaitu kanker payudara dan serviks. saya berharap juga semua yang hadir bisa mengikuti dengan seksama kegiatan ini. silahkan bertanya sebanyaknya karena nara sumber yang akan bicara ini adalah orang-orang yang mengetahui seluruhnya tentang kanker serviks,”ungkap Bupati.

Bupati Hery menekankan, kesehatan Ibu harus diurus dengan baik, karena kehilangan  seorang ibu berarti kehilangan satu generasi “saya tidak  mengatakan bahwa peran Bapak tidak penting dalam keluarga. Bapak mengurus anak-anak juga baik, namun peran keberadaan dan kehidupan seorang Ibu itu sangat penting,”ujarnya.

Dikatakan, pemerintah kabupaten Manggarai akan menyediakan dan melakukan vaksinasi untuk pencegahan kanker serviks bagi ibu-ibu meski jumlahnya tidak banyak “tentunya diprioritaskan bagi ibu-ibu yang berpotensi memiliki kanker serviks, baik karena faktor genetik maupun karena hal-hal lain. Tahap awal kita mulai di kecamatan Langke Rembong ,”terangnya.

Selain vaksin untuk pencegahan kanker serviks, Bupati Hery berharap di tahun depan akan diusahakan vaksin pneumonia untuk orang tua atau manula “pemerintah akan berusaha mengurus semua dari anak-anak yang stunting/gizi buruk, untuk remaja yang kekurangan zat besi dan lainnya hingga mengurus yang manula,”paparnya.

Hadir saat kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Manggarai, Ny.Meldyanti Hagur Marcelina, pimpinan perangkat daerah, guru-guru TKK dan Pokja Paud, Para camat dan ketua TP PKK kecamatan, Ibu ketua Bhayangkari dan anggota, ketua serta anggota organisasi wanita.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 − one =