Pemkab Manggarai

Wabup Madur Buka Pencanangan Tanam Kedelai

Ruteng-Wakil Bupati Manggarai Drs Viktor Madur,Selasa ( 24/05/2016) bertempat di Desa Kajong ,Kecamatan Reok Barat membuka pencanangan simbolis tanam  kedele dan percetakan sawah baru  seluas 219 ha di Kabupaten Manggarai.

Acara pencanangan tanam kedele dan pembukaan sawah baru tersebut dihadiri jajaran TNI,Forkompimda,gapoktan,tokoh agama,ketua  dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK  Ny.Yeny Veronika,dan Ny.Filomina Jemimit,para petani,Kadis Pertanian NTT Yohanes T.Ruba ,pejabat kementerian  Pertanian RI dan warga setempat.

Wakil Bupati Manggarai Drs Viktor Madur  dalam sambutan tertulis membacakan  sambutan Bupati Manggarai mengatakan,kontribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sector pertanian kususnya sub sector  tanaman pangan yaitu sebesar 25,48% atau 770 Miliar 695 juta dari total PDRB Kabupaten Manggarai tahun 2015 sebesar 3 Triliun 24 Miliar 862 juta.Maka kondisi demikian menyebabkan terjadinya kerentanan ekonomi di Kabupaten Manggarai karena resiko dari sub sector ini sangat tinggi,terutama turunya produksi akibat bencana alam seperti kekeringan,banjir ,tanah longsor,serangan hama dan penyakit tanaman.

Lebih lanjut dijelaskan,dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan yang bersumber dari sector pertanian,maka berbagai kebijakan yang telah dan akan dilakukan yaitu intensifikasi pertanian melalui penyediaan irigasi yang memadai,bimbingan teknis pengelolaan lahan,penyaluran pupuk bersubsidi,pengendalian hama tanaman,penanganan pasca panen dan pengendalian pasar yang saling menguntungkan dengan praktek monopsoni dan oligopsoni.

Pada kesempatan itu Wabup Madur  juga mengikuti ritus “adat tesi “di kampong Munta,yang menjadi salah satu lokasi percetakan sawah Baru di Kabupaten Manggarai.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Manggarai  Ir.Vinsen Marung mengatakan,gerakan menanam kedele dan percetakan sawah baru di Manggarai merupakan salah satu program yang dapat mendukung swasembada padi,jagung dan kedele di Kabupaten Manggarai.Sasaran penanaman kedele dan percetakan sawah baru di pusatkan di beberapa kecamatan seperti Reok Barat,Reok,Satar Mese,Satar Mese Barat ,Cibal,cibal Barat dan Rahong Utara.

Marung menjelaskan total  areal yang disiapkan di Kabupaten Manggarai untuk pengembangan kedelai tersebut mencapai 600 ha,dan hingga saat  ini sudah menghasilkan  400 ton.

Pada kesempatan yang sama Dia juga meminta kepada masyarakat untuk terlibat  aktif dengan membantu TNI dalam upaya membuka sawah baru di wilayah tersebut.   ***(ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.