Pemkab Manggarai

Wabup Heri Serahkan Bantuan Alsintan Kepada Puluhan Poktan

Kominfo Manggarai – Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, SH menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada puluhan kelompok tani di Manggarai. Serah terima berlangsung di kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kebupaten Manggarai, Jumat (23/12).

Wabup Hery dalam sambutannya mengatakan, dalam situasi dan kondisi apapun pemerintah akan selalu hadir memberi pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya pemberian bantuan alat dan mesin pertanian untuk para petani. “Tangan Tuhan bergerak memberi bantuan melalui pemerintah,”ujarnya.

Menurut Wabup Heri, bantuan alsintan ini bertujuan membantu para petani dalam pengolahan lahan pertanian. Bantuan ini juga sebagai salah satu bentuk upaya Pemkab Manggarai dalam meningkatkan hasil pertanian yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kalau dulu kita bergerak dengan alat-alat tradisional dan mengandalkan kekuatan fisik manusia tapi seiring perkembangan zaman, teknologi juga sangat membantu pekerjaan kita, kata Wabup Heri.

Wabup Heri berharap melalui bantuan alat dan mesin pertanian ini, para petani mampu bekerja secara efektif dan efisien dalam mengolah lahan pertanian. Produktifitas hasil pertanian juga meningkat. “Kiranya alat-alat ini bisa bermanfaat bagi para petani,” harapnya.

Wabup Hery menghimbau para penerima bantuan untuk menjaga dan merawat alsintan itu agar bisa dimanfaatkan secara berkelanjutan dalam jangka waktu yang lama. Kecuali itu, pemanfaatannya harus dilaporkan kepada instansi terkait.

Sementara Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Manggarai, Livinus Vitalis Livens Turuk,S.T dalam laporannya mengatakan, pengadaan alsintan ini merupakan program penyediaan sarana pertanian tahun anggaran 2022 yang bersumber dari dana pinjaman daerah APBD II tahun anggaran 2022. Pengadaan meliputi Traktor Roda Dua sebanyak 20 unit kepada 20 Poktan, dua Cultivator kepada dua Poktan dan dua Mesin Rontok Padi kepada dua Poktan.

Menurut Livens, selain dari dana pinjaman pada APBD II, ada juga bantuan satu unit Combine Harvester Besar dari Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI tahun anggaran 2022 . Kelompok penerima bantuan ini yakni Poktan Tekad Makmur di desa Wewo, Kecamatan Satar Mese.

Selain itu kata Livens, bantuan 54 unit Hand Sprayer untuk kegiatan Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) dengan sumber dana APBD II tahun anggaran 2022. Bantuan ini diberikan kepada poktan di kecamatan Satar Mese, Satar Mese Barat, Satar Mese Utara, Ruteng dan kecamatan Reok.

Hadir dalam kegiatan serah terima bantuan alsintan ini Sekretaris Daerah, Drs. Jahang Fansy Aldus, Assisten Perekonomian dan Pembangunan, Drh. Yoseph Mantara, Kepala Diskominfo Kabupaten Manggarai, Heribertus Jelamu, SH serta puluhan pengurus kelompok tani penerima bantuan dari berbagai kecamatan di kabupaten Manggarai. ***Yoga

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *