Pemkab Manggarai

Sekda Manggarai Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Ruteng, Diskominfo Manggarai – Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Drs. Jahang Fansi Aldus menjadi inspektur upacara memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni, saat apel Mingguan bertempat di halaman kantor Bupati Manggarai, Senin 03 Juni 2024.

Sekda Fansi Jahang saat membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI mengatakan, peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Patut kita syukuri sebagai bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai cita-cita  pendirian negara keberadaan Pancasila.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat saya yakin seluruh tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih ditengah-tengah krisis global yang terjadi bansa Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politik,” ujarnya.

Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila  sebagai fondasi dasarnya.

Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa dalam berdemokrasi ,dewasa dalam berbangsa dan bernegara. “Kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati pemilihan umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan,” katanya.

Dirinya juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni “Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” paparnya.

Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja yang dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas dan karakter para pemimpin rakyat Indonesia.

Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Pesatnya kemajuan teknologi komunikasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar dalam mengakses informasi dari beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat  berbangsa dan bernegara

“Dengan semangat Pancasila yang kuat saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia terlebih di tengah -tengah krisis global yang terjadi Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi sosial dan politik.Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai ideologi dasarnya. “Semoga peringatan hari lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil dan makmur,”pungkasnya.

Pada Apel mingguan kali ini, juga dicanangkan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke 79 tahun 2024.

Berkaitan dengan agenda ini, kata Sekda Fansi Jahang pemerintah kabupaten Manggarai akan mengeluarkan surat kepada pimpinan perangkat daerah, BUMN/BUMD, pimpinan partai politik, perguruan tinggi, sekolah -sekolah tentang permintaan dukungan serta partisipasi dalam menyumbangkan bendera merah putih, yang selanjutnya akan dibagikan kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk kegiatan memperingati HUT RI ke 79.

Hal ini lanjutnya, sesuai arahan menteri dalam negeri melalui suratnya yang ditujukan kepada seluruh Gubernur, Bupati, Walikota se Indonesia.

Turut hadir dalam Apel Mingguan ini, Staf Ahli Bupati, Asiten Sekda, Pimpinan perangkat daerah, para kepala bagian, ASN serta tenaga harian lepas lingkup pemerintah Kabupaten Manggarai.  **

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × five =