Pemkab Manggarai

Sat Pol PP Amankan ASN dan Pelajar

Kasat Pol PP : Venansius Burhan

Ruteng – Aparat Satuan Polisi Pamong Praja  (Pol PP ) Kabupaten Manggarai mengamankan sejumlah Aparatur Sipil Negara dan sejumlah Pelajar di Kota Ruteng yang berkeliaran di saat Jam kantor dan sekolah.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Manggarai Venansius Burhan menjelaskan sesuai Instruksi Bupati Manggarai Nomor 9 tahun 2016 tentang Tertib Aparatur Sipil Negara pihaknya terus gencar melakukan razia,baik terhadap para pegawai maupun para pelajar yang kedapatan berada di tempat-tempat umum pada jam kerja dan sekolah .

Menurut Venansius kebanyakan ASN mengetahui peraturan Standar Operasional Prosedur (SOP) jam keluar masuk kantor dan Instruksi Bupati menyangkut tertib ASN,’’Kebanyakan teman-teman aparatur tahu,ada Instruksi,tapi tidak membawa ijin dari dinas masing-masing,sehingga kami bawa dan lakukan teguran,’’Terang Venansius.

Kasat Venansius mengatakan kebanyakan ASN yang terjaring petugas dari kecamatan di wilayah Manggarai ’’Mereka betul datang tugas ke dinas terkait ,tapi tidak mengantongi surat ijin dari tempat asal mereka bekerja ’’.

‘’Tapi setelah mereka pulang dari dinas yang bersangkutan,bukanya pulang ke Kecamatan malah berjalan-jalan di beberapa toko di saat jam kerja ’’Ujar Venansius.

Beragam alasan yang disampaikan ASN tersebut lanjut Venansius diantaranya perbaiki kalung,beli voucer hp,dan membeli kebutuhan rumah tangga lainnya.

Bagi aparat ASN yang terjaring razia,Kasat Venansius menuturkan,pihaknya hanya memberikan peringatan sesuai PP 53 tentang disiplin Aparatur Negara  serta data ASN tersebut diserahkan ke dinas asal agar diproses lebih lanjut ’’Kalau masih ditemui melakukan hal yang sama,kami akan proses sesuai aturan yang berlaku ’’Tegas Venansius.

Sementara terkait para pelajar yang terjaring razia Kasat Pol PP Venansius Burhan kepada Media ini menerangkan pihaknya tidak henti-hentinya melakukan penertiban kepada anak-anak sekolah yang berkeliaran di jam sekolah.Beberapa tempat didatangi petugas Pol PP tempat anak-anak tersebut biasa mangkal diantaranya taman kota,rumah-rumah warga yang kosong,kos-kosan,pasar serta pertokoan ’’Anak-anak ini kompak dari beberapa sekolah,bahkan dari beberapa kecamatan datang parkir atau kumpulnya di Ruteng ’’Kata Venansius.

Namun Kasat Venansius mengapresiasi beberapa sekolah yang menerapkan disiplin bagi anak-anak didiknya.Dukungan pihak sekolah menurut Venansius sangat dibutuhkan dan bisa bekerja sama dengan pihaknya untuk mengarahkan anak-anak agar lebih mematuhi aturan dan disiplin.

 Digiring Petugas : beberapa pelajar  yang diamankan Kasi Penertiban Paul Podes dan Petugas Pol PP hendak diantar ke sekolah masing-masing.   Foto : Aris 

Pantauan Media ini beberapa pelajar digiring oleh petugas ke kantor Sat Pol PP untuk diberikan pembinaan.Tampak Kepala Seksi (Kasi) Penertiban Paul Podes yang memimpin langsung penertiban para pelajar tersebut.Menurut Podes beberapa pelajar SLTA  yang terjaring razia petugas sedang asyik berkumpul di tempat ibadah seperti gereja,’’Mereka kami tangkap sedang berada di  halaman Gereja,pada saat jam sekolah,’’Ungkap Podes.

Selanjutnya kata Podes,para pelajar ini di bina terlebih dahulu kemudian diserahkan ke sekolah masing-masing.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.