Pemkab Manggarai

Ratusan Personil Gabungan Siap Amankan Perayaan Paskah 2016

Ruteng – Ratusan personil gabungan  yang terdiri dari Polri, Brimob, TNI, Pol PP dan Dishubkominfo siap mengamankan jalannya perayaan Paskah 2016 bagi umat Kristiani di Manggarai dan Manggarai Timur. Apel gelar pasukan yang diberi sandi operasi Semana Santa Turangga 2016 berlangsung di halaman Mapolres Manggarai, Kamis (18/03). Apel dipimpin Kapolres Manggarai, AKBP. Mohamad Ishak Said, Sik. Hadir Bupati Manggarai, DR. Deno Kamelus, SH.MH, Assiten II Sekda Manggarai Timur, Drs. Fansi Aldus Jahang, Unsur Forkompinda, Sejumlah Kepala SKPD, serta ratusan personil gabungan.

Kapolres Manggarai, AKBP. Mohamad Ishak Said, Sik menyebut, personil yang dikerahkan untuk pengamanan hari raya Paskah tahun 2016 ini sebanyak 600 personil. Ratusan personil ini berasal dari Polres Manggarai, Brimob Ruteng, Kodim 1612 Manggarai serta Sat Pol PP dan Dishubkominfo baik dari Manggarai maupun Manggarai Timur. Dari Polres Manggarai sendiri jumlah personil yang diturunkan untuk pengamanan itu sebanyak 50 orang.

Kapolres menjelaskan, ratusan personil gabungan ini akan ditempatkan pada gereja yang ada di kota Ruteng dan Borong, Manggarai Timur. Setiap gereja akan ditempatkan 10 personil Polri dan diback up anggota Brimob, TNI, Sat Pol PP dan Dishubkominfo. Kecuali itu, pihaknya juga bekerja sama dengan pemuda gereja, remaja Masjid dan Wihara untuk ikut mengamankan jalannya perayaan pekan suci di dua wilayah tersebut. “Ini kerja sama yang sudah lama kita jalin selama ini,” kata Kapolres.

Menurut Kapolres, dari hasil deteksi intelijen Polres Manggarai, sejauh ini situasi keamanan di  wilayah Manggarai dan Manggari Timur masih tergolong kondusif. Namun pihaknya tetap melakukan berbagai langkah antisipasi gangguan keamanan utamanya jelang perayaan Paskah 2016. Kapolres berharap segenap masyarakat bersama aparat keamanan dan pemerintah menjaga situasi yang aman  di dua wilayah ini. “Puji Tuhan, sampai sekarang ini aman-aman saja. Namun kita tetap melakukan antisipasi terhadap berbagai ancaman keamanan di wilayah ini,” ujar kapolres

Untuk diketahui, operasi Semana Santa Turangga 2016 dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dalam rangka pengamanan hari raya Paskah  bagi umat Kristiani. Operasi ini berlangsung selama 15 hari yaitu sejak 18 maret sampai 1 April 2016. ***(Yoga)

Ket. foto (atas) : Kapolres Manggarai, AKBP. Mohamad Ishak Said, Sik menyematkan pita tanda operasi kepada perwakilan dari masing-masing satuan sebagi tanda dimulainyaOperasiSemana Santa Turangga 2016. Foto : Yoga

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.