Pemkab Manggarai

Puskesmas Lao Adakan Screening PTM di Dinas Kominfo

Kominfo- Puksesmas Lao Kecamatan Langke Rembong kabupaten Manggarai mengadakan kegiatan Screening Penyakit Tidak Menular (PTM) di kantor Dinas Kominfo Manggarai, Selasa 5 April 2023.

Kegiatan screening PTM ini diikuti kepala Dinas Kominfo Heribertus Jelamu,S.H, Sekretaris Dinas Maria Yasinta Aso, para kepala bidang, kepala seksi serta seluruh staf.

Tes screening merupakan penerapan serangkaian tes atau prosedur yang dilakukan untuk mendeteksi potensi gangguan kesehatan atau penyakit tertentu pada seseorang.

Adapun prosedur pelaksanaan Screening faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM) ini meliputi ; registrasi, pengukuran tekanan darah, pengukuran tinggi badan dan lingkar perut, serta pemeriksaan darah. Bagi pegawai yang didapatkan pemeriksaan melewati batas normal disarankan untuk pemeriksaan lebih lanjut ke fasilitas kesehatan.

dr.Eby Meta salah seorang dokter yang bertugas di Puskesmas Lao, menjelaskan PTM merupakan satu jenis penyakit yang terjadi karena adanya faktor gaya hidup yang tidak sehat dan juga faktor keturunan.

dr. Eby membeberkan beberapa faktor gaya hidup yang menyebabkan PTM antar lain ; banyak konsumsi makanan berlemak, makanan manis, kurang gerak, kurang berolahraga, kurang aktifitas, merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol .

Lebih lanjut dijelaskan beberapa penyakit yang termasuk dalam PTM, diantaranya : Pertama, Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi. Terutama hipertensi atau tekanan darah tinggi yang sudah menetap “misalkan tekanan darah di atas 140 per 90 dan menetap.itu bisa dikatakan sebagai penyakit darah tinggi,’’ujarnya.

Dikatakanya, hipertensi kadangkala muncul tanpa gejala dan orang yang mengalami merasa biasa-biasa saja. Namun ada beberapa gejala yang biasanya muncul, seperti sakit kepala hebat atau sakit kepala sebelah, nafas pendek, pandangan kabur, rasa sakit di pundak, lelah dan mengantuk.

Penyebabnya, selain faktor usia juga faktor keturunan, kebiasaan merokok, obesitas atau kelebihan berat badan, kurang berolahraga dan stres. Sementara komplikasi dari penyakit ini bisa menyerang otak dan menyebabkan stroke, mata bisa kabur dan juga bisa menyebabkan gagal ginjal

Kedua, Stroke.

penyakit ini disebabkan kurangnya aliran darah ke otak yang terkadang menyebabkan pendarahan ke otak. Penyebabnya, tekanan darah tinggi/ hipertensi, tingginya kadar kolesterol dalam darah, diabetes/gula.

Ketiga, Jantung Koroner.

Penyakit yang ditimbulkan karena adanya penyempitan pembuluh darah koroner. Penyebab utama dari penyakit jantung koroner ini adalah penimbunan lemak dalam arteri yang biasa disebut arteri lemak.

Beberapa gejala yang ditimbulkan, yaitu, keringat dingin berlebihan, mual, muntah, mudah lelah,rasa tertekan dan tidak nyaman terutama di bagian dada kiri dan menjalar ke leher, rahang, bahu serta nyeri ulu hati.

Keempat, Diabetes Melitus /penyakit Gula. Suatu penyakit yang ditandai dengan kadar gula dalam darah yang melebihi normal terutama di atas 200.

Beberapa gejala yang muncul, banyak minum/rasa haus yang berlebihan, rasa lapar, banyak makan, banyak kencing terutama di malam hari, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, mengantuk dan sering kesemutan.

Kelima, Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK)

penyakit ini disebabkan kebiasaan merokok. seperti diketahui dalam rokok ada beberapa zat yang berbahaya seperti zat adiktif.

Penyakit PPOK menyerang sistem pernafasan manusia yang menyebabkan kerusakan atau penyumbatan di dalam sel paru “perokok pasif juga rentan terhadap penyakit ini, meski tidak merokok. karena menghirup asap rokok dalam jangka waktu yang lama, penyebabnya lain asap api, bahan kimia dan debu.”jelasnya.

Sementara gejalanya ungkap dr Eby yakni, batuk kronis selama dua minggu tidak kunjung sembuh dan disertai dahak, sesak nafas terutama ketika beraktivitas atau kadang sesak nafas ketika beraktivitas jika sudah parah.

dr.Ebi menjelaskan juga terkait Pencegahan PTM ini. disebutkan salah satunya adalah melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Program Germas ini merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan bersama -sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran dan kemampuan untuk meningkatkan kualitas hidup.

sementara itu ia juga menerangkan tujuan Germas, agar kesehatan masyarakat bisa terjaga, semakin produktif, lingkungan semakin bersih “cek kesehatan secara berkala, tidak merokok, lakukan aktifitas fisik, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup dan kelola stres,”pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kominfo Manggarai Heribertus Jelamu, S.H di sela-sela kegiatan mengharapkan kegiatan ini bisa menigkatkan kesadaran para pegawai terutama di Dinas Kominfo untuk rutin memeriksakan diri atau melakukan skrining, sehingga bisa diketahui adanya resiko penyakit yang dialami.  (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 4 =