Pemkab Manggarai

Longsor, 52 Titik Jalan Ruteng – Reo Rusak

RUTENG Sedikitnya 52 titik sepanjang ruas jalan Ruteng-Reo-Kedindi rusak akibat longsor awal April 2021 lalu. Perbaikan akan dilakukan secara bertahap. Hal itu disampaikan Koordinator Pengawas Lapangan (Korwaslap) Jalan Ruteng-Reo-Kedindi, Diky kepada media ini di ruang kerjanya akhir pekan lalu.

Diky mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi awal April 2021 menyebabkan longsor di jalur jalan Ruteng-Reo-Kedindi. Dari data sementara terdapat 52 titik longsor besar dan kecil. Sebanyak 11 titik longsor diantaranya menyebabkan jalan dan saluran drainase  rusak berat. “Ini data sementara, belum termasuk longsor terakhir yang menyebabkan jalan sempat macet itu, terus ada beberapa titik lagi yang baru. “kata Diky

Menurut Diky, saat ini tim survey tengah turun melakukan survey sepanjang ruas jalan Ruteng-Reo-Kedidndi. Survey untuk memetakan tingkat kerusakan yang terjadi akibat longor beberapa waktu lalu.

Diky menjelaskan, penanganan sementara pada titik-titik longsor dilakukan dengan membersihkan material longsoran. Hal ini dimaksud agar lalu lintas pada jalur tersebut tetap normal. Namun perbaikan khusus pada sejumlah titik yang mengalami rusak berat akan dilakukan bertahap.”Saat ini penanganan hanya bersifat sementara, sedangkan beberapa titik yang rusak parah harus dilakukan penanganan permanen,” jelas dia.

Diky menambahkan, tahun ini anggaran perbaikan jalan Ruteng-Reo-Kedindi hanya 10,4 Miliar Rupiah. Anggaran ini lebih rendah dari tahun sebelumnya yakni mencapai 28 Miliar Rupiah. “ Makanya perbaikan tahun ini tidak ada lapis ulang tapi hanya sebatas pecing-pecing saja pada jalan yang lubang,” kata Diky.***YOGA

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − six =