Pemkab Manggarai

Jelang Akhir Tahun Pemkab Manggarai Gelar Ritus Adat Teing Hang

Kominfo- Menjelang akhir tahun 2023, Pemerintah kabupaten Manggarai menggelar ritus adat Teing Hang, sebagai ungkapan syukur kepada para leluhur atas segala kelancaran tugas dan kegiatan pemerintahan yang telah dilaksanakan selama kurun waktu tahun 2023.

Ritus adat yang dipimpin Tua Adat Titus Ladung ini, diadakan di ruangan VIP Nucalale kantor Bupati Manggarai, Sabtu 30 Desember 2023 malam.

Mengawali ritus adat Teing Hang ini, tua adat Titus ladung melakukan ritual adat Tesi di sebuah Compang yang terletak tepat di bawah pohon beringin kantor Bupati Manggarai.

Usai ritus adat Tesi, Tua Adat melakukan kepok kepada Bupati Manggarai dan Sekda Manggarai dilanjutkan dengan ritus Torok Manuk . Bagian akhir dari keseluruhan rangkaian acara ritus Teing Hang ini, yakni Toto Urat dan Teing Helang.

Ritus adat Teing Hang ( memberi makan para leluhur) dilaksanakan sebagai ungkapan syukur dan penghormatan kepada para leluhur. Selain itu ritus adat Teing Hang juga bermakna ugkapan syukur kepada sang pencipta atas penyelenggaraan hidup yang sudah dilalui dan berharap dijauhkan dari segala aral rintangan.

Hadir dalam acara ini, Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit, S.E.,M.A, Sekretaris Daerah Drs.Jahang Fansi Aldus, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Pimpinan Perangkat Daerah, para kepala bagian serta staf dan para pegawai kantor Bupati.  **

Share this post

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 1 =