Pemkab Manggarai

Intensitas Hujan Tinggi, Pemkab Manggarai Himbau Warga Waspadai Longsor dan Banjir

Kominfo Manggarai – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai menghimbau masyarakat mewaspadai bencana longsor dan banjir akibat intensitas hujan yang tinggi di wilayah ini sejak Minggu (05/02). Himbauan itu disampaikan melalui Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manggarai, Stefanus Tawar, SH kepada Kominfo Manggarai di Ruteng, Senin (06/02).

Stefan mengatakan, sesuai rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan dengan intensitas tinggi akan berlangsung hingga 12 Februari 2023. Beberapa kecamatan yang berpotensi hujan antara lain kecamatan Lelak, Ruteng, Langke Rembong, Reok, Reok Barat serta dapat meluas hingga semua kecamatan di kabupaten Manggarai.

Diungkapkan, akibat hujan lebat sejak Minggu (05/02), dua ruas jalan di Manggarai tertutup longsor. Dua ruas jalan itu diantaranya di Kilo Meter 2 jalan negara Ruteng-Reo dan jalur Bealoli – Golowoi kecamatan Cibal Barat.

Dia menerangkan, hari ini (06/02) alat berat milik Satker jalan nasional Ruteng Reo telah bergerak membersihkan marerial longsoran di KM 2 jalan negara Ruteng Reo. Sementara alat berat dari Dinas PU Manggarai juga akan turun membersihkan material longsoran di Poong Toreng, Kecamatan Cibal Barat.

Menurut Stefan, potensi longsor dan banjir masih bisa terjadi. Pasalnya, hujan dengan intensitas tinggi masih akan berlangsung sepekan ke depan. “Masih (berpotensi,red). Kalau rilis BMKG ada beberapa kecamatan yang berpotensi hujan lebat,” katanya.

Lebih lanjut dia menghimbau masyarakat mewaspadai terjadinya longsor dan banjir di wilayah masing-masing. “Masyarakat harus tetap waspada dan berhati-hati, untuk yang tinggal di daerah lereng dan tebing supaya melakukan evakuasi secara mandiri jika terjadi hujan lebat. Demikian juga di daerah rawan banjir,” harapnya.

Stefan juga meminta masyarakat untuk melaporkan secara berjenjang mulai tingkat desa, kecamatan hingga ke BPBD Manggarai jika terjadi bencana.

Dia menambahkan, Pemkab Manggarai melalui BPBD Manggarai telah membuka Posko Siaga Bencana sejak tanggal 1 Januari 2023. Kecuali itu melakukan koordinasi dengan semua stakeholder terkait dalam penanganan bencana antara lain dengan TNI, Polri, BMKG, Satker Jalan Nasional dan pihak SPBU. ***(Yoga)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 1 =