Pemkab Manggarai

Desember 2016, Wae Decer Kembali Beroperasi

RUTENG – Mesin Pompa Air Wae Decer di Langgo, Kelurahan Carep, Kecamatan Langke Rembong akan kembali beroperasi Desember 2016.  Dengan beroperasinya mesin ini pasokan air minum bersih bagi warga sejumlah kelurahan di kota Ruteng akan kembali normal.

Direktur PDAM Tirta Komodo Ruteng, Klemens Man kepada media ini menjelaskan,  sumber air Wae Decer selama ini melayani pelanggan beberapa kelurahan di kota Ruteng bahkan sampai ke Mano, Manggarai Timur. Beberapa tahun terakhir pasokan air terganggu akibat rusaknya mesin pompa di Wae Decer.

Menurut dia, mesin pompa yang rusak itu jenis jenset. Tahun ini PDAM Ruteng akan menggantikannya dengan mesin pompa listrik. Pengerjaan untuk pemasangan mesin kini mencapai 40 persen. Peroses pengerjaan fondasi dan panel saat ini masih berlangsung. Sementara jaringan listrik sudah masuk ke lokasi.

Man lebih lanjut optimis, bulan November ini pengerjaan pompa air Wae Decer akan rampung atau mencapai 100 persen. Pasalnya, pemasangan mesin pompa listrik tidak akan membutuhkan waktu lama. Dengan demikian pada Desember mendatang sudah bisa dilaksanakan uji coba pengoperasiannya.

Man menambahkan, air dari sumber Wae Decer akan dipasok dengan menggunakan mesin pompa ke bak penampung. Selanjutnya dari bak penampung didistribusikan ke para pelanggan. Debit air dari sumber Wae Decer yang dipasok ke bak penampung sebesar 2,5 liter per detik.  

Man yakin dengan beroperasinya kembali mesin pompa di Wae Decer, pasokan air ke para pelanggan akan kembali normal. Para pelanggan PDAM yang memanfaatkan air dari sumber Wae Decer ini yakni Kelurahan Carep, Golo curu, Kumba, Laci sampai Mano, Manggarai Timur. ***(YOGA)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.