Pemkab Manggarai

Warga Desa Satar Ruwuk Meriahkan Hari BBGRM Dengan Aneka Lomba

Kominfo – Dalam rangka memeriahkan hari Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 19, hari Kesatuan Gerak PKK ke 50 dan hari Keluarga Nasional ke 29, sebanyak 138 warga desa Satar Ruwuk terlibat dalam berbagai kegiatan lomba.

Kegiatan lomba yang berlangsung di halaman SDK Lamba desa Satar Ruwuk Kecamatan Satar Mese Barat, Jumat 23 September 2022 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kecamatan Satar Mese Barat, Nas Huwa.

Beberapa lomba yang diikuti, diantaranya ; lomba STTBM sebanyak 6 peserta, lomba Bayi Sehat 12 peserta, lomba KB Lestari 6 peserta, lomba kompetensi kader posyandu 30 peserta, lomba cerdas cermat 10 Program Pokok PKK 18 peserta , lomba Mars PKK 60 peserta dan lomba CTPS 6 peserta.

Ketua Panitia kegiatan lomba Ny. Florentina Ngabut menuturkan, kegiatan ini bertujuan mempercepat proses keseimbangan pembangunan di desa Satar Ruwuk. Karena desa Satar Ruwuk merupakan salah satu desa penyangga Wae Rebo.

Selain itu tujuan lainnya kata Florentina Ngabut, untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam membangun desa, meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggungjawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan serta menjalin rasa kekeluargaan melalui kegiatan lomba.

Florentina Ngabut mengatakan, dengan tema Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, masyarakat bisa mengoptimalkan peran lembaga kemasyarakatan desa sebagai mitra pemerintah desa.

Dikatakan, untuk mendukung kegiatan BBGRM di desa Satar Ruwuk tim Penggerak PKK kabupaten Manggarai, mengadakan kegiatan dan perlombaan yang melibatkan kader dan semua masyarakat.

Sementara itu ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Manggarai Ny.Meldyanti Hagur Nabit mengatakan, khusus untuk kader posyandu, kegiatan ini merupakan kegiatan pertama dan juga bertujuan kompetensi dari kader-kader posyandu yang ada di desa Satar Ruwuk.

Kepada para kader posyandu, Meldyanti Hagur Nabit, juga mengharapkan agar setelah kegiatan ini desa Satar Ruwuk bisa menjadi contoh untuk praktik lima meja.

Selain itu Ia juga meminta pemerintah kecamatan Satar Mese Barat, agar tiap tahun wajib melaksanakan lomba di dalam desa, terutama untuk lomba bayi sehat.

Di kesempatan yang sama, Sekcam Satar Mese Barat Nas Huwa, ketika membuka kegiatan ini, meminta para peserta lomba agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan tentunya sudah mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti lomba.

Sekcam juga menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi kegiatan lomba yang diadakan di desa Satar Ruwuk dan tentunya menjadi kebanggaan bagi warga desa Satar Ruwuk.

Dikatakan Sekcam, kegiatan ini juga menjadi modal untuk mewujudkan program Dasa Wisma dan merangsang pola hidup masyarakat terutama di bidang kesehatan, seperti kebersihan lingkungan, pola mengasuh bayi serta pola hidup bersih dan sehat.

Turut hadir dalam kegiatan ini, tim penggerak PKK kabupaten Manggarai, tim penggerak PKK kecamatan Satar Mese Barat, Kepala desa Satar Ruwuk Benediktus Bir, Kepala Puskesmas Dintor Longginus Gandar dan staf, Kepala Pustu Satar Rewuk Melita Amung dan staf, para kader posyandu, kader PKK, serta masyarakat desa Satar Ruwuk. (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.