Pemkab Manggarai

Wapres Tekankan Pentingnya Kepemimpian Kepala Daerah Dalam Menjalankan Kebijakan Ekonomi dan Kesehatan

Ruteng – Wakil Presiden Republik Indonesia K.H Maruf Amin menekankan pentingnya kepemimpinan kepala daerah dalam menjalankan kebijakan ekonomi dan kesehatan secara berimbang. Hal tersebut dikatakan Wapres Maruf Amin, saat peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXV tahun 2021 secara virtual, Senin 26 April 2021.

“Pelaksanaan otonomi daerah yang berkualitas membutuhkan kepemimpinan yang adaptif, pemimpin yang mampu menghadapi berbagai situasi, cepat dan tepat dalam bertindak dan berorientasi pada pemecahan masalah dengan selalu menyesuaikan dirinya dengan perubahan dan keadaan baru,” kata Wapres Amin.

“Saya minta seluruh jajaran Pemerintah daerah sebagai ujung tombak pemerintahan agar selalu menjadi contoh dan pelopor, baik dalam berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan publik maupun dalam menegakan protokol kesehatan serta menyukseskan program vaksinasi di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Wapres Maruf Amin berharap penempatan sumber daya manusia, sumber daya alam, teknologi informasi dan kearifan lokal sesuai karakteristik daerah masing-masing.

Sekda Manggarai dan Plt.Kasdim Sedang Mengikuti Peringatan Hari Otda Secara Virtual

Selain itu Wapres juga menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi pemerintahan di setiap level: pemetaan masalah, berbasis data, proses digitalisasi, penguatan otonomi daerah melalui pembinaan, pengawasan dan pemberian sanksi yang tegas, pemerintahan yang adaptif, inovatif, pelaksanaan reformasi birokrasi yang menyeluruh dan pemerintahan yang konsisten dalam implementasi regulasi.

Wapres juga mengapresiasi atas penyelenggaraan pilkada 2020 yang berjalan baik, meski di tengah pandemi Covid 19. “Keberhasilan itu menjadi bukti bahwa melalui kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang ketat, maka roda pemerintahan tetap berjalan dan produktif, sehingga pilkada yang merupakan agenda utama pembangunan demokrasi dan mandat konstitusi tetap dapat dilaksanakan seperti rencana,” ungkapnya.

Sejumlah Pimpinan OPD Mengikuti Peringatan Hari Otda

Peringatan Otda tahun 2021 ini bertemakan ” Bangun semangat kerja dan tingkatkan gotong royong di masa pandemi Covid 19, untuk masyarakat sehat, ekonomi daerah bangkit dan indonesia maju”.

Peringatan Hari Otda secara virtual ini, turut diikuti ketua DPR-RI, Mendagri, para Gubernur dan unsur Forkopimda Provinsi, para bupati dan unsur Forkopimda kabupaten.

Dari Kabupaten Manggarai diikuti Sekretaris Daerah Jahang Fansi Aldus, Ketua DPRD Matias Masir, Plt.Kasdim Mayor Inf.Suparno Hari, Asisten Administrasi Umum serta sejumlah pimpinan OPD.   (ars)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *