Pemkab Manggarai

Wagub Nae Soi Lantik Bupati Hery Sebagai Ketua KONI Manggarai Masa Bakti 2023-2027

Kominfo- Bertempat di Aula Ranaka Kantor Bupati Ianggarai, Rabu 19 Juli 2023, Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit, S.E.,M.A dilantik sebagai ketua umum Komite Olah Raga Nasional  Indonesia (KONI) kabupaten Manggarai masa bakti 2023-2027 oleh Wakil Gubernur NTT yang juga sebagai ketua umum KONI Provinsi NTT Drs. Josef  Nae Soi,M.M.

Selain melantik Bupati Hery sebagai ketua umum KNI, pada saat yang sama Wakil Gubernur NTT juga melantik beberapa pengurus KONI lainnya, antara lain : Wakil ketua umum I Herybertus Ngabut, SH, Wakil ketua umum II Fransiskus Gero, Wakil ketua umum III Robertus  C.Boscho, ketua harian, Sahadoen Silvester Saldy, wakil ketua harian Bona Ventura Jenadut, Sekretaris Heribertus Jelamu,  wakil sekretaris Tarsisius Jehadun, bendahara umum Fransiska E .Tagus, Bidang promosi dan pemasaran Metodius S Jemat, bidang media dan humas Alex Apri Kulas. 

  

Wakil Gubernur NTT  Josep Nae Soi dalam sambutannya mengatakan, KONI diberikan tugas untuk membina dan mengembangkan olah raga prestasi melalui pembinaan keolahragaan secara terencana sistematis, terpadu, berjenjang dan berkelanjutan melalui kompetensi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan.

Dengan demikian Wagub Nae Soi berharap kepada pengurus KONI yang baru dilantik untuk dapat melaksanakan semua program dan kegiatan organisasi yang sudah dan  akan ditetapkan terutama jika atletnya ditetapkan oleh pengurus Provinsi (Pengprov) cabang olah raga untuk mengikuti Pra kualifikasi PON XXII 2024 yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 

Selain itu Wagub juga berharap kepada pengurus yang dilantik agar selalu bekerja sama dengan semua elemen masyarakat yang ada di daerah ini. Karena pembangunan olah raga menurut Wagub Nae Soi tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan KONI tetapi tanggung  jawab bersama.

Dikatakannya, adanya tanggung jawab bersama menunjukan bahwa olah raga itu adalah milik kita bersama yang perlu terus kita bangun dan tumbuh kembangkan secara bersama-sama.

Wagub juga menyampaikan dukungan masyarakat agar pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) ke XXII di NTT dan NTB tahun 2028 bisa berjalan lancar dan sukses sehingga NTT bangkit dengan empat sukses, yakni sukses prestasi, sukses penyelenggaraan,sukses administrasi dan sukses ekonomi.

Pada saat yang sama, Bupati Herybertus nabit dalam sambutannya berharap, koordinasi akan berlangsung baik dan meminta arahan, dukungan serta kerja sama dari KONI Provinsi NTT agar kegiatan-kegiatan  keorganisasian KONI kabupaten Manggarai dapat berjalan baik ‘’kami gembira dan berterima kasih atas proses yang panjang sehingga bisa sampai pada hari ini,’’ujarnya.

Dikatakan Bupati Hery, apabila organisasi berjalan efektif, harusnya memberikan prestasi yang lebih baik, dibandingkan organisasi yang tidak berjalan efektif. Dan pelantikan menandakan efektifitas dan produktifitas.

Untuk itu kepada pengurus KONI Manggarai yang dilantik, Bupati Hery mengajak untuk sama-sama mulai bekerja ‘’bahwa KONI ini kerja sosial, saya kira kita sudah tahu. Kita yang hadir di tempat ini bukan orang-orang baru di bidang olah raga di Manggarai,’’paparnya.

Bupati Hery menuturkan, tugas yang paling penting beberapa pekan ke depan adalah menghubungi kembali semua cabang-cabang olah raga yang semua pengurusnya sudah Demisioner, karena itu  juga salah satu syarat utama dukungan pemerintah, dukungan anggaran melalui KONI adalah SK pengurus Devinitif.

Selain cabang-cabang  yang sudah Demisioner, tugas KONI kata Bupati adalah membangun komunikasi yang baik dengan cabang-cabang  olah raga atau sub cabang olah raga yang tidak ada di bawah KONI.

Dijelaskan Bupati, khusus cabang olah raga sepak bola di mana akan ada perhelatan El Tari Memorial Cup di Rote Ndao bulan Agustus 2023 mendatang, meski persiapan sangat minim pemerintah daerah tetap berusaha mengirimkan kontingen ke  Rote Ndao ‘’bicara anggaran memang tidak pernah pas. Kita mau siapkan berapapun selalu kurang, tapi  meski kita begerak dalam keterbatasan tetap membangun komunikasi dengan ASKAB Manggarai untuk  memberikan dukungan,’’ujarnya.

Bupati Hery mengatakan, meski belum mengirim surat secara resmi, pemerintah daerah meminta kesediaan KONI Provinsi NTT untuk menyelenggarakan salah satu cabang olah raga di PON 2028 di kabupaten Manggarai ‘’segala konsekuensi kami siap untuk  penyelenggaraanya. Cabang apapun kami serahkan sepenuhnya kepada KONI NTT. Kami tidak perlu olah raga yang besar atau populer, olah raga yang  tidak populer juga tidak masalah, untuk populerkan yang tidak terkenal itu di Manggarai,’’katanya.

‘’siapa tahu ada anak-anak dari Manggarai yang bisa panahan nanti, sehingga tidak mengandalkan yang dari Jawa atau daerah lainnya untuk olah raga ini,’’pungkasnya.  **

Share this post

3 Responses

  1. Dari dulu pengen punya tampilan website yang seperti ini, serasi antara tata letak dan warna, modern dan keren. Ditambah isinya yang berbobot, bermanfaat dan informatif. Semoga kedepan bisa saya praktekkan ke website saya Ilmu Kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − two =