Pemkab Manggarai

Wabup Madur Resmikan Perdana Kampung Tangguh Turangga

Ruteng – Wakil Bupati Manggarai Drs.Victor Madur meresmikan perdana Kampung Tanggu Turangga yang digagas dan diprakarsai Kepolisian Resort (Polres) Manggarai, bertempat di Kelurahan Lawir Kecamatan Langke Rembong, Rabu (12/8/2020).

Acara peresmian kampung tangguh turangga tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Victor Madur didampingi Kapolres Manggarai AKBP Mas Anton Widyodigyo, Dandim 1612 Letkol Kavaleri Ivan Alfa serta sejumlah perwira di Polres Manggarai.

Wabup Victor Madur mengatakan pendirian kampung tangguh erat kaitannya dengan bencana non alam yang merupakan peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat serta menimbulkan korban jiwa.

Berdirinya kampung tangguh kata Wabup Madur, tentunya telah melalui tahap identifikasi oleh Polres Manggarai sehingga kelurahan Lawir ditetapkan sebagai kampung tangguh “Tangguh itu luas, baik dari aspek kemandirian masyarakat, tangguh dari aspek pangan, tangguh dari aspek kamtibmas,” ujarnya.

Dijelaskan Wabup Victor, pandemi covid 19, salah satu bencana yang mengancam keberlangsungan hidup manusia karena bukan hanya berdampak pada kesehatan namun juga pada tatanan kehidupan manusia yang mengakibatkan munculnya masalah ekonomi di mana turunnya tingkat pendapatan dan daya beli masyarakat.

Menurut Wabup, dalam menghadapi masalah, salah satu yang perlu dilakukan adalah kegiatan preventif, yakni kegiatan untuk mencegah bencana tersebut semakin meluas. “Kegiatan Launching hari ini adalah kegiatan yang positif. Kalau bahasa Manggarainya kampung tangguh itu Beo Mberes, jadi di sini semua Mberes atau tangguh, terutama tangguh menghadapi bencana covid 19,” tutur Wabup disambut tawa hadirin yang hadir.

Lebih lanjut dijelaskan, kampung tangguh adalah desa atau kelurahan yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana serta mampu memulihkan diri dari dampak bencana yang merugikan.

Dikatakan Wabup, launching kampung tangguh adalah sebuah langka spektakuler untuk upaya memutus matarantai penyebaran covid 19.

Wabup Mengunjungi Stand Kampung Tangguh

Wabup Mengunjungi Stand Kampung Tangguh

Kelurahan tangguh lanjut Wabup Madur bukan hanya sebagai kelurahan tangguh melawan covid 19, namun diharapkan menjadi kelurahan tangguh dalam hal pangan “Untuk itu saya harapkan semua pihak untuk memdukung keberadaan kampung tangguh dalam upaya menekan dan melawan covid 19, karena tanpa peran masyarakat, memutus rantai covid 19 tidak akan berhasil dengan maksimal,” pungkasnya.

Di tempat yang sama Kapolres Manggarai AKBP Mas Anton Widyodigyo menyampaikan tujuan diadakannya kampung tangguh, agar masyarakat bisa berpartisipasi dan membuka diri dalam momentum khususnya di tengah pandemi covid 19 terutama demi peningkatan ekonomi “Kenapa kelurahan Lawir, ya ini sebagai contoh pertama bagi kita. Sesuai survei dari anggota kami, kelurahan lawir memenuhi syarat untuk dijadikan row model bagi launching perdana kampung tangguh di Manggarai,” papar Kapolres Anton.

Namun lanjut Kapolres Anton, tidak memutus kemungkinan akan disusul dan diikuti kampung atau kelurahan lain “Semoga semua komponen baik masyarakat, TNI, Polri, agar sama – sama bekerja dalam menghadapi covid 19. Pada dasarnya Manggarai sudah tangguh, baik itu kesuburan tanah, perkebunan maupun pertanian,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat agar terus mematuhi protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, mencuci tangan yang bersih dan selalu menggunakan masker bila berada di tempat umum.

Selesai meresmikan kampung tangguh, rombongan Wakil Bupati, Kapolres dan Dandim, menuju areal perkebunan di bagian utara kampung lawir untuk meninjau tanaman-tanaman hortikultura, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang ditanam warga.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Camat Langke Rembong Daniel Baru, Lurah Lawir Fred Petria, tokoh masyarakat, aparat Polres Manggarai, sejumlah warga Kelurahan Lawir serta insan pers.  (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.