Pemkab Manggarai

Wabup Heri : Setiap Kita Harus Bertanggung jawab Dalam Panggilan Hidup

Kominfo – Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut, SH, menghadiri Misa syukur 25 tahun Imamat Pater Yosef Jehara,SMM, bertempat di halaman SMPN Urang kecamatan Satar Mese Utara, Selasa 10 Oktober 2023. Tiba di kampung Urang, Wabup Heribertus Ngabut dan rombongan, diterima secara adat Manuk Kapu dan Tuak Curu oleh toko adat, tokoh masyarakat serta masyarakat kampung Urang.

Wakil Bupati Heribertus Ngabut dalam sambutannya usai perayaan Ekaristi mengatakan, menjadi imam atau apapun merupakan bagian dari panggilan kehidupan manusia, untuk itu kita harus bertanggung jawab terhadap setiap panggilan hidup kita “Saya mengatakan apapun Itu sebuah komitmen, itikad baik dibawah panggilan itu, lalu konsisten untuk menjalankan sebaik-baiknya, sesuai rencana Tuhan dan niat baik kita,”kata Wabup Heri.

“Perjalanan Imamat Dua Puluh Lima Tahun dan menjadi seorang Imam, saya rasa tidak gampang. Banyak orang yang berniat namun tidak kesampaian. Dua Puluh Lima Tahun merupakan rahmat Tuhan yang luar biasa,”tambahnya.

Wabup Heri menuturkan, apapun yang kita mau pertaruhkan dari kehidupan ini, satu saja yakni niat baik untuk mengalirkan kebaikan dengan cara kita masing-masing “Bersahabat dengan baik, tersenyum dengan baik, memimpin yang baik itu adalah bagian dari komitmen kita,”ucapnya.

Dikatakan, apapun perjumpaan ataupun diskusi, doa dan harapan kita, tidak lain adalah siapa bikin apa untuk memastikan ada suka cita dan kedamaian dalam kehidupan

Sementara itu Provinsial SMM, Pater Anton mengatakan, ada 3 alasan utama dari perayaan syukur ini. Pertama, karena Imamat Tuhan yang diberikan kepada Gereja.Kita bersyukur karena ada imam di tengah-tengah kita dan itu adalah tanda bahwa Tuhan mengasihi kita.

Alasan kedua lanjut Pater Anton, tentunya karena Tuhan sangat dekat dan mengasihi Pater Yosef.Karena itu kita bersyukur karena Tuhan setia menemani Pater Yosef “Kita berharap melalui pengalaman Iman ini, Pater Yosef semakin kuat, berakar, berbuah serta memberikan berkat yang berlimpah kepada semua umat.

Dan Ketiga, kita bersyukur karena Pater Yosef juga setia kepada ALLAH dan mengurapinya sebagai seorang Imam “Karena itu mari kita bersyukur kepada Tuhan bersama Pater Yosef dan memohon kepada Tuhan agar Pater Yosef selalu setia kepada Tuhan,”ungkapnya.

Sementara itu sang Yubilaris Pater Yosef Jehara,SMM dalam sambutannya mengatakan selama hidup membiara 25 tahun, banyak pengalaman-pengalaman yang tidak mudah untuk dilalui “Tapi satu hal yang diyakini bahwa Saya tidak berjalan sendiri,”ujarnya .

Perayaan syukur ini kata alumni SMPN 2 Ketang dan Seminari Loyola Labuan Bajo ini, adalah awal untuk melangkah, melihat dan berjuang lagi ke depan dengan kehidupan sebagai seorang Imam “Saya bersyukur karena Tuhan telah menuntun dan membimbing saya selama Dua Puluh Lima Tahun ini,”lanjutnya.

“Saya juga meminta dukungan dan doa, juga kepada para Imam lainnya untuk selalu setia dalam panggilan membiara,”pungkasnya.

Usai perayaan Ekaristi Kudus dilanjut dengan resepsi dan pertunjukan atraksi caci bertempat di halaman rumah Gendang Urang.

Hadir pada kesempatan tersebut, Uskup Emeritus Keuskupan Bogor, Mgr.Mikael Angkur, Pater Provinsial, SMM, camat Satar Mese Utara, unsur Forkopimca, keluarga Yubilaris, Staf Dinas Kominfo dan Kabag Prokopim, biarawan/biarawati, tokoh umat, tokoh masyarakat serta masyarakat kampung Urang dan sekitarnya.  **

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *