Pemkab Manggarai

Wabup Heri Ngabut Hadiri Ritus Roko Molas Poco Gendang Lada

Manong Kominfo- Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut S.H, menghadiri acara  Ritus Roko Molas Poco Gendang Lada Desa Manong Kecamatan Rahong Utara, Selasa ( 07/02/2023 ).

Wabup Heri bersama rombongan dijemput dan diterima dengan ritus tuak kepok  di Dusun Klupang, selanjutnya puluhan warga gendang Lada memikul atau menggotong Molas Poco menuju gendang Lada, untuk dijadikan siri bongkok pembangunan rumah gendang.

Wabup Heri bersama rombongan berjalan kaki menuju gendang Lada untuk mengikuti seluruh rangkaian adat selanjutnya.

Hujan yang mengguyur wilayah itu, tidak menyurutkan semangat warga untuk mengikuti seluruh rangkaian acara, mulai dari acara hambor haju, hese ngando dan acara lainnya.

Wabup Heri dalam sambutanya mengatakan, ritus roko molas poco, dibayangkan bahwa “ Tiang Ngando” juga merupakan penopang dari rumah gendang, juga diibaratkan bagaimana kita mendatangkan seorang gadis cantik untuk sebuah kehidupan.

” Maka melalui restu Tuhan dan kita bersama, acara ini tidak ada halangan apapun, semua berjalan lancar meski dibawah guyur hujan,”ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Wabup Heri juga mengapresiasi kerja sama warga gendang bersama kepala desa setempat untuk menyelesaikan proses pembangunan rumah gendang Lada.

” Saya beri hormat untuk kades bersama warga gendang lada, atas kerja sama yang baik untuk pembangunan rumah gendang ini,”tandasnya.

Turut hadir dalam ritus Roko Molas Poco tersebut yakni, Pimpinan OPD, Camat Rahong Utara, Kades Manong, Tokoh Adat, serta warga gendang Lada

Lebih lanjut wabup Heri berharap, didalam setiap niat baik kita membangun, kerja sama seperti ini sangat penting tetap dilakukan kedepan. ( pet).

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − two =