Pemkab Manggarai

Wabup Heri Lantik Para Camat

Ruteng Diskominfo- Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut S.H, melantik para Pejabat Administrator  ( Camat ), rabu ( 02/02/2022), di Gedung Manggarai Convention Centre ( MCC ). Para camat yang dilantik tersebut yakni:

1. Yohanes Emiliano Alexander Ndahur S.STP.M.A, selaku camat Langke Rembong, jabatan sebelumnya

Analis Lalulintas Dinas Perhubungan.

2. Yohanes Jebatu S. Sos,selaku Camat Ruteng, jabatan lama Sekcam Rahong Utara

3. Rikardus Ampur  SST, selaku Camat Wae Rii, jabatan lama Pengawas Benih Tanaman Ahli Muda

4. Drs. Ahmad Pahu, Jabatan lama Sekcam Reok, jabatan baru Camat Reok

5. Alexius Harimin SP, jabatan lama Polisi Pamong Praja Ahli Muda, jabatan baru Camat Rahong Utara  

6. Fransiskus Janggut S.IP, jabatan lama Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum  Kecamatan    

   Satar Mese Barat, jabatan baru Camat Satar Mese Barat  

7. Benyamin San S.H, jabatan lama Sekcam Ruteng, Jabatan baru Camat Lelak

8. Drs. Vinsensius Remigius Sama, jabatan lama Kepala Bidang Sejarah Cagar Budaya dan  

    Permuseuman Dinas Kebudayaan dan Pariwitasa, jabatan baru Camat   Cibal Barat

9. Tarsisius Ridus Asong S.E, jabatan lama Analis Mutu Produk, Jabatan baru Camat Reok Barat

10. Hipolitus Kori S.H, jabatan lama Kepala Bidang  Akuisisi Layanan Kearsipan, jabatan baru selaku

     Camat Satar Mese Utara.  

Wabup Heri dalam sambutanya mengatakan, para camat harus menjadi katalisator untuk menghubungkan apa yang menjadi kegundahan dan kecemasan rakyatnya dengan apa yang  sedang dipikirkan dan diperintahkan oleh atasanya  melalui seorang Bupati kepala daerah. “ Apapun yang terjadi di lapangan harus dilaporkan kepada atasan dalam hal ini seorang kepala daerah,” ujarnya.  

Lebih lanjut dijelaskan, sebagai camat para pejabat yang dilantik dituntut untuk  memiliki kompentensi sosial kultural selain kompentensi manajerial dan kompetensi teknis. Kompentensi sosial kultural merupakan kompentensi dalam mempromosikan sikap toleransi, peka terhadap perbedaan individu atau kelompok masyarakat, selain itu mampu menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam mempersatukan masyarakat dan membangun hubungan sosial psikologis dengan masyarakat, ditengah kemajemukan yang ada, sehingga menciptakan kedekatan antara camat dan masyarakat.

“ Para camat juga diminta untuk selalu turun ketengah masyarakat sekaligus memberikan ruang dan kesempatan yang cukup supaya kita bisa berjumpa dengan rakyat dalam berbagai even. Ketika hubungan psikologis terjaga dengan baik dengan rakyat, maka niscaya berbagai persoalan yang kita hadapi ditengah masyarakat bisa dikomunikasikan secara baik dan benar, dan ujungnya soal soal itu bisa diselesaikan ,” ungkapnya.

Beliau juga menambahkan, tugas para camat adalah harus bisa membangun komunikasi dengan semua elemen yang ada di wilayah kecamatan. “ Yang penting jangan korupsi saja, tapi kalau membangun hubungan yang baik dengan berbagai elemen masyarakat kenapa tidak, “ tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Wabup Heri juga meminta kepada para camat untuk terus melakukan inovasi. Karena rumus untuk menjadi pemimpin itu harus berani untuk memperlihatkan yang baru melalui kreasi kreasi yang baru.( pet)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published.