Pemkab Manggarai

Wabup Heri Harapkan, Turnamen Futsal Dapat Membangun Karakter Bangsa

Kominfo – Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut, S.H mengharapkan Turnamen Futsal dapat membangun dan membentuk karakter bangsa.

Hal tersebut diutarakan Wakil Bupati Heribertus Ngabut, saat membuka turnamen futsal angkatan 15 (AK-15) di Gedung Olahraga (GOR) Dinas PPO Manggarai, Sabtu 6/8/2022.

Wabup Heri mengatakan, kegiatan olahraga seperti futsal, sepakbola dan olahraga lainnya merupakan upaya kita bersama membangun karakter bangsa terutama di kalangan anak muda “Saya berharap kegiatan ini, paling tidak merespon impian kita bersama membangun dan membentuk karakter bangsa. Karakter yang diperlihatkan dalam sebuah kompetisi yang menarik.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Heri juga mengharapkan pertandingan futsal ini bisa rekreatif dan menghibur penonton “Untuk itu jangan ada ribut-ribut karena futsal ini. Kita juga dilatih sportif. Kalau kita belum rasa siap, maka kita harus memberikan rasa hormat kepada orang yang lebih hebat dari kita,”ungkap Wabup Heri.

Selain itu Wabup Heri juga mengharapkan para pemain dapat mengerti kisi-kisi aturan tentang pertandingan futsal.

Dengan demikian lanjutnya, saat masuk event lain yang lebih besar, baik di level regional atau nasional, maka para pemain sudah memahami dengan baik dunia futsal “Karena ini kompetisi, saya minta panitia kawal ini dengan baik. Begitu juga dengan wasit disiapkan dengan baik, agar irama kompetisinya keluar diperlihatkan tanpa meninggalkan sportifitas pertandingan,”ujarnya.

Selain itu Wabup juga menjelaskan terkait olahraga sepakbola yang akan berlaga di El Tari Memorial Cup bulan September di Lembata dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) bulan Oktober mendatang, yang tengah dipersiapkan guna mengikuti kedua event tersebut “Apakah ke depan futsal juga bisa? Iya, kita pelan-pelan sambil persiapkan diri, sehingga pada satu titik boleh juga kita berangkat sebagai salah satu peserta terutama di level regional,”tuturnya.

“Sebagai pemerintah kabupaten Manggarai, saya memberikan apresiasi pada kegiatan ini, kiranya pertandingan futsal kali ini, sungguh memberikan hiburan dan suasana rekreatif bagi kalian yang bertanding dan juga bagi penonton. Jangan lupa tetap jaga situasi tetap aman,”pungkasnya.

Sementara ketua panitia turnamen futsal, Santo Mondur menjelaskan, angkatan 2015 merupakan sebuah komunitas yang terbentuk dari kesamaan latar belakang pendidikan saat menempuh jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas, yakni merupakan sekelompok pemuda dan pemudi yang menamatkan Pendidikan SMA pada tahun 2015.

Dijelaskan Santo, komunitas ini terbentuk pada awal tahun 2022 dan bertujuan mempererat tali silaturahmi angkatan.
Selain itu lanjut Santo, dalam rangka menunjukkan eksistensi serta memperkenalkan Komunitas ini, serta atas dasar keinginan untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat kabupaten Manggarai, maka angkatan 2015 melaksanakan turnamen futsal sebagai ajang pengembangan diri yang bersifat positif.

Dijelaskannya juga, tujuan dari turnamen ini yaitu, meningkatkan semangat berkompetisi dan jiwa sportifitas di kalangan pemuda se Manggarai Raya, meningkatkan prestasi pemuda se Manggarai Raya khususnya di olahraga futsal dan menjadi sarana penyaluran bakat pemuda se Manggarai Raya serta ajang mencari bibit-bibit muda futsal Manggarai yang berkualitas dan terstandar.

Pertandingan yang akan berlangsung dari tanggal 6 hingga 14 Agustus ini, jelas Santo akan diikuti 32 tim, terdiri dari kabupaten Manggarai 25 tim, Manggarai Barat 4 tim dan Manggarai Timur 3 tim.

Wakil Bupati Manggarai didaulat melakukan tendangan pembuka yang mengawali dimulainya pertandingan di hari pertama dengan menampilkan pertandingan antara Tim Futsal Gemter FC yang berhadapan dengan tim Futsal Naftali FC.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas PPO Frans Gero, Kadis Perhubungan Saldy Sahadoen, official dari 32 tim, para pemain, suporter serta ratusan penonton yang memadati GOR Dinas Pendidikan (ars)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published.