Pemkab Manggarai

Wabup Heri Harapkan Gerakan Pramuka Mampu Meningkatkan Keterampilan, Ilmu Pengetahuan dan Ketangkasan

Kominfo – Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut, S.H yang juga sebagai MABICAB Gerakan Pramuka Manggarai, mengharapkan gerakan Pramuka terutama di kabupaten Manggarai mampu meningkatkan keterampilan, ilmu pengetahuan dan ketangkasan.

Hal tersebut diutarakan Wakil Bupati Heribertus Ngabut, ketika membuka secara resmi kegiatan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 2412 Manggarai tahun 2022, bertempat di aula Dinas PPO kabupaten Manggarai, Kamis 16 Juni 2022.

Selain itu Wabup Heri, juga meminta gerakan Pramuka di Manggarai mampu meningkatkan disiplin, kekuatan fisik dan mental sehingga menjadi generasi muda harapan bangsa yang kelak jadi penerus dan pengembang cita-cita perjuangan bangsa yang setia pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dibawa naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dijelaskan Wabup Heri, gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk generasi muda agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa, dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila serta melestarikan Lingkungan Hidup.

Dikatakan Wabup, Pemerintah Pusat dan Daerah memiliki komitmen yang sama dalam mendukung setiap organisasi generasi muda termasuk gerakan Pramuka dalam menjalankan semua program kerjanya, antara lain dengan dukungan dana bagi kelancaran semua program kerja organisasi “Pada bulan Agustus nanti ada dua kegiatan baik tingkat Daerah maupun Nasional yang harus kita ikuti, yaitu, pelaksanaan jambore daerah di Labuan Bajo dan jambore Nasional di Cibubur, Jakarta,”ujarnya.

“Saat ini Pemerintah kabupaten Manggarai tetap berkomitmen agar mengirimkan peserta dalam dua kegiatan besar ini,”sambungnya.

Lebih jauh Wabup mengharapkan, Rakercab yang dilaksanakan tidak hanya sekedar seremonial belaka atau hanya sekedar menjalankan salah satu program kerja, namun harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh peserta, untuk mencurahkan tenaga dan pikiran dalam menyusun agenda kerja serta mendiskusikan dan membahas evaluasi program kerja yang telah dilaksanakan, maupun yang akan dilaksanakan ke depannya.

Wabup Heri mengatakan, Rakercab ini mewadahi peserta yang hadir untuk fokus berkomunikasi serta mendiskusikan persoalan-persoalan Pramuka yang ada di kabupaten Manggarai, baik di tingkat kwarcab, kwaran sampai ke gugus depan “Oleh karena itu, Saya berharap, agar Rakercab ini dapat menciptakan kegiatan yang menarik, kreatif, inovatif, menantang, mandiri dan tidak ketinggalan jaman, dalam mendukung program pembangunan daerah, guna mewujudkan masyarakat Manggarai yang maju, adil dan berdaya saing “Terimakasih atas kehadiran kita semua. Semoga Rakercab kali ini menghasilkan program nyata untuk memajukan gerakan Pramuka di kabupaten Manggarai,”pungkasnya.

Kegiatan Rakercab ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Jahang Fansi Aldus yang juga sebagai ketua Kwarcab Pramuka Manggarai, Kepala Dinas Kominfo Heribertus Jelamu, Kepala Dinas Pendidikan Fransiskus Gero, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Silvanus Hadir, Kepala Dinas PUPR, Lambertus Paput, Kaban Kepegawaian Maksimilianus Tarsi, Kasat Pol PP, Aldi Tjangkung, Ketua Harian gerakan Pramuka Konradus G. Mitang, Pamong Satuan Karya Bhayang Kara Polres Manggarai, Pamong Satuan Karya Wira Kartika Kodim 1612 Manggarai, Kabid Pemuda dan Olahraga serta para andalan dan pengurus Kwarcab Manggarai.

Beberapa agenda dalam kegiatan Rakercab ini, diantaranya, pemaparan program Kwarcab, pemaparan program 12 Kwaran, pemaparan dewan kerja cabang Kwarcab Manggarai, serta pemaparan Kadis PPO selaku ketua panitia. (ars)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published.