Pemkab Manggarai

Wabup Heri Buka Kegiatan Seremoni Pendidikan Bahasa Jepang Gelombang II

Ruteng Kominfo- Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngambut S.H, membuka secara resmi kegiatan seremoni pembukaan pendidikan bahasa Jepang  gelombang II bagi calon tenaga kerja ke Jepang, Sabtu (18/03/2023) di aula Ranaka kantor bupati Manggarai.

Diklat bahasa jepang itu sendiri merupakan hasil kerjasama pemkab Manggarai dengan Lembaga pelatihan Edigy Jaya Global NTT.

Wabup Heri saat memberikan sambutan menjelaskan, kerja sama antara pemkab Manggarai dengan lembaga pelatihan Edigy merupakan komitmen serta bentuk perhatian pemerintah daerah  untuk mengirim calon tenaga kerja ke luar negri.

“ Ini harus dipersiapan dengan sedemikian rupa, supaya berangkat ke Jepang itu dalam posisi siap. Saya kira juga ini sangat luar biasa, juga sesuai dengan janji politik pemerintah kabupaten Manggarai beberapa saat lalu untuk berusaha sedemikian rupa membangun kerjasama  dengan berbagai lembaga  dari berbagai negara supaya mempersiapkan anak-anak kita supaya beradaptasi dengan negara-negara yang  sudah maju,”ungkapnya.

Anak muda sekarang kata Wabup Heri tidak boleh berhenti untuk terus belajar. Calon tenaga kerja yang keluar negri diharapkan bisa manfaatkan moment ini dengan baik. Para calon tenaga kerja juga diminta untuk disiplin serta menjaga sikap dan tutur kata selama berada diluar negri.

” Harapan pemerintah daerah dan seluruh rakyat Manggarai semoga kamu semua sukses, terima kasih kepada penyalur  dan pemerintah Jepang  yang sudah punya niat baik untuk membangun kerjasama dalam rangka meningkatkan kapasitas dan keterampilan anak-anak kita ini,” ujarnya.

Sementara itu Ican Bombang dari pihak Edigy Jaya global NTT menjelaskan, program Batch ini merupakan program lanjutan dari program pelatihan bahasa Jepang pada batch 1. Saat ini batch 1 telah menyelesaikan pelatihan sampai pada level N5 dan telah melanjutkan pelatihan level N4.

Dari 41 peserta batch. 1 ruteng, terdapat 29 peserta berdasarkan mock up pelatihan level N4 dan 7 peserta perlu mengulang tambahan kelas level N5.E34.

Acara tersebut dihadari oleh Pimpinan OPD, Puluhan peserta pelatihan, serta perwakilan lembaga pelatihan JEPANG, dan Pihak Edigy Jaya Global NTT.(PET).

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 10 =