Pemkab Manggarai

Wabup Heri Buka Kegiatan Forum Perangkat Daerah Rancangan RKPD Tahun 2024


Kominfo– Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut, SH membuka kegiatan forum perangkat daerah rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) kabupaten Manggarai tahun 2024, berlangsung di aula Bappelitbangda, Senin 20 Maret 2024.

Kegiatan dengan tema Pembangunan Infrastruktur Yang Adil dan Merata ini, juga dihadiri Sekretaris Daerah Drs.Jahang Fansi Aldus, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Pimpinan OPD, Sekretaris, para kepala bagian, camat serta sejumlah staf di lingkup OPD kabupaten Manggarai.

Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut dalam arahannya mengatakan, kiranya kegiatan ini mau memastikan apa yang dibutuhkan masyarakat melalui tahapan-tahapan diskusi yang ada sebelumnya bisa diselaraskan dengan apa yang kita pikirkan melalui pendekatan ke bawah (buttom up) dan kita selaraskan dengan pikiran-pikiran kita sebagai pemerintah dari atas (top down) ‘’maka kemudian kajian-kajian teknokratis, akademik dan indikator-indikator yang ada memastikan perencanaan ini sungguh bermanfaat bagi masyarakat. Fokus sesuai tema kita pembangunan infrastruktur,’’ungkapnya.

Wabup Heri menekankan kepada OPD-OPD terkait agar mendiskusikan hal ini sehingga bisa diselaraskan dengan tema yang ada, sekaligus agar diskusi-diskusi ini harus bersandar pada RPJMD dan Restra OPD ‘’mengapa harus selaras dengan renstra OPD, untuk memastikan visi-misi spon setiap OPD bisa dijabarkan,‘’ujarnya.

Forum ini juga kata Wabup harus dilaksanakan dalam konsep seperti apa dan arahnya juga menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif masing-masing OPD ‘’jadi forum ini juga penting dan strategis karena akan menjembatani hasil Musrenbangcam dan Musrenbangkab,’’paparnya.


Sementara itu panitia kegiatan dalam laporannya menjelaskan, forum perangkat daerah merupakan perencanaan pasca Musrenbang RKPD di tingkat kecamatan.
Dijelaskan, pada tahapan RKPD tahun 2024 terdapat sebanyak 2.152 usulan masyarakat yang kemudian melalui hasil Musrenbangcam diperoleh kesepakatan program prioritas yang diteruskan ke forum perangkat daerah.

Untuk itu forum ini sangat strategis di semua perangkat daerah yang menjadi tujuan usulan masyarakat untuk mensinkronkan dengan rancangan Renja perangkat daerah tahun 2024.

Sementara dari laporan tersebut menjelaskan maksud dari kegiatan ini, yakni memperoleh penajaman target kinerja sasaran program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran yang tengah disusun dalam rancangan renja perangkat daerah.


Sementara tujuannya, pertama menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah kabupaten dengan usulan program hasil Musrenbang RKPD kabupaten dan kecamatan untuk Renja perangkat daerah.

Kedua, memperpanjang indikator serta target program dan kegiatan perangkat daerah kabupaten sesuai tugas dan fungsi perangkat daerah.

Ketiga, menyelaraskan program dan kegiatan antara perangkat daerah kabupaten dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

Keempat, menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah. (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + four =