Pemkab Manggarai

Verifikasi Faktual Parpol, KPU Manggarai Gandeng Semua Stakeholder

Kominfo Manggarai – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai akan menggandeng semua stakeholder di Manggarai dalam proses verifikasi faktual Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Manggarai, Thomas Aquino Hartono saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Verifikasi Faktual Partai Politik (Parpol) calon Peserta Pemilu 2024. Rakor ini digelar KPU Manggarai di aula Evata Ruteng, Sabtu (08/10).

Hadir sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Manggarai, Kepala BPS Manggarai, utusan Polres Manggarai, Kodim 1612 Manggarai, Pimpinan Parpol, Bawaslu, para Camat, Lurah sekecamatan Langke Rembong, Forum Kerukunan Umat Beragama, LSM, unsur Perguruan Tinggi dan insan pers. Hadir juga Ketua KPU Propinsi NTT, Thomas Dohu

Tomy dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini melibatkan setidaknya 200 orang peserta dari berbagai elemen di daerah. Keterlibatan banyak pihak ini dalam rangka membantu KPU saat pelaksanaan verifikasi faktual nanti.

Menurut dia, berkaca pada Pemilu tahun 2019 lalu, KPU Manggarai menemui banyak tantangan di lapangan saat verifikasi faktual. Tidak sedikit anggota KPU dan tim verifikator di lapangan yang mendapat perlakuan kurang baik bahkan dikejar-kejar dan dilarang oleh oknum-oknum tertentu saat melakukan kegiatan verifikasi. “Berkaca dari pengalaman itu, kami membuat terobosan dengan melibatkan semua pihak untuk bersama-sama dengan KPU kabupaten Manggarai melaksanakan verifikasi faktual secara dor to dor atau secara langsung ,” ungkap Tomy.

Tomy yakin dengan adanya keterlibatan banyak pihak ini secara psikologis jajaran KPU Kabupaten Manggarai merasa terlindungi saat pelaksanaan verifikasi faktual. “Kami merasa tidak sendirian lagi karena semua pihak terlibat dalam proses ini,” kata Tomy.

Dia menambahkan, rakor ini sebagai bentuk sosialisasi kepada stakeholder terkait tentang semua proses dan tahapan Pemilu yang dilaksanakan pihak penyelenggara atau KPU. “Diharapkan semua pihak yang terlibat dalam rakor ini bisa bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk kelancaran proses verifikasi faktual ini,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai, Heribertus Jelamu, SH pada saat sesi diskusi dalam rakor itu menyatakan, pihaknya siap mendukung KPU Manggarai dalam mensukseskan berbagai kegiatan Pemilu 2024 di Kabupaten Manggarai. ***Yoga

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 3 =