Pemkab Manggarai

TP PKK Manggarai Gelar Aneka Lomba di Satar Ruwuk

Kominfo Manggarai – Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggarai menggelar aneka  perlombaan dalam rangka perayaan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 50, Gerakan Bulan Bhakti Gotong Royong ke 19 dan Hari Keluarga Nasional ke-29. Kegiatan terpusat di desa Satar Ruwuk, Kecamatan Satar Mese Barat.

Lomba dibuka wakil ketua TP PKK kabupaten Manggarai, Florentina F.H.G. Ngabut di Satar Ruwuk pada Kamis (22/09).

Florentina saat pembukaan mengatakan, kegiatan dilaksanakan selama 3 hari sejak Kamis (22/09) sampai Sabtu (24/09). Jenis perlombaan itu diantaranya lomba kebersihan lingkungan, cerdas cermat, lomba Mars PKK dan sejumlah lomba lainnya. ” Kegiatan kita mulai hari ini dan akan berlangsung selama tiga hari ke depan sampai puncaknya hari Sabtu (24/90), ” kata Florentina.

Menurut dia, kegiatan tahun ini dipusatkan di desa Satar Ruwuk berdasarkan pertimbangan desa ini sebagai desa binaan sekaligus desa penopang Wisata Wae Rebo.

Khusus kegiatan lomba kebersihan lingkungan kata Florentina, dirinya bersama Tim PKK akan turun langsung melihat kondisi kebersihan ke setiap rumah warga di desa itu. Beberapa dusun yang dipantau dan ikut dalam lomba kebersihan itu yakni dusun Daleng, Lamba, Wogel, Popo, Ntene, Purang Kilit dan dusun Ndueng.

Menurut Florentina, aspek yang dinilai dalam lomba ini diantaranya kondisi kebersihan di dalam dan di luar rumah, ketersediaan air bersih dan MCK. Kecuali itu juga ketersediaan tempat cuci tangan, tempat jemuran, tempat sampah dan tempat pembuangan limbah. “Tim kami bagi dan sebar ke setiap dusun yang ada untuk melihat langsung kondisi rumah warga,” ujarnya.

Selain memantau kebersihan rumah-rumah warga, Florentina juga memberikan edukasi terkait lima pilar STBM GESI kepada warga setempat. Dia juga berpesan kepada warga untuk selalu menerapkan kebersihan di lingkungan masing-masing. ” Warga sendiri harus sadar akan pentingnya menjaga kebersihan,” ungkapnya.

Sementara informasi yang diperoleh Kominfo Manggarai menyebut, puncak pelaksanaan Gerakan Nasional Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke 19, Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 29, Hari Kesatuan Gerak PKK ke 50 dan Pekan Raya Keluarga (Perak) tingkat kabupaten Manggarai tahun 2022 akan berlangsung di kantor desa Satar Ruwuk pada hari Sabtu (24/09). Bupati Manggarai, Herybertus G.L. Nabit dijadwalkan akan hadir dalam kegiatan itu. ***(Tim Kominfo Manggarai)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.