Pemkab Manggarai

Tim Surveior Dari Kementerian Kesehatan Akan Survei Puskesmas La’o

Tim Surveior Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama ( FKTP)  dari Kementerian Kesehatan  RI akan melakukan survei di UPTD Puskesmas La’o Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai selama tiga hari sejak Selasa hingga Kamis (23-25 /7/2019).

Tim Surveior terdiri dari 3 orang, yakni Ketua Ferinawati, SKM, YMPHM, anggota Samuel Benyamin Latuperissa, SKM, M,Kes dan Dr.Sri Wahyuni Sampurna Ningsih, M.Kes

Ketua Tim Surveior Ferinawati, SKM, YMPHM mengatakan, selama berada di Puskesmas Lao tim Survei akan melakukan survei Akreditasi terhadap Puskesmas Lao yang meliputi Tiga bidang penilaian, yakni ; Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Admin ‘’Kedatangan kami hanya memberikan rekomendasi atau memberikan potret kepada Komisi, jadi kami motret di sini dan berikan pada Komisi, Kami tidak berikan penilaian. Nanti yang akan berikan penilaian Komisi,’’Jelasnya.

Ferinawati menjelaskan selama tahun 2019 sudah 354 Puskesmas yang dinilai termasuk Puskesmas La’o.

Lebih lanjut Ferawati menerangkan tentang  Akreditasi Puskesmas, yaitu sebuah pengakuan yang diberikan lembaga Independen sebagai penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri setelah memperoleh standar Akreditasi yakni pengakuan.

Survei sendiri lanjut Ferawati, untuk menilai tingkat kesesuaian Puskesmas la’o dalam menerapkan standar Akreditasi yang telah ditetapkan, ‘’seberapa jauh kesesuaiannya, itu yang Kami nilai,’’Tutur Ferawati.

Sementara tujuannya kata Ferawati, untuk meningkatkan mutu pelayanan, keselamatan pasien dan kepuasan pelanggan ‘’Jadi bukan semata-mata untuk Puskesmas, tapi keselamatan pasien dan kepuasan pelanggan,’’Ujarnya.

Kemudian lanjutnya, untuk meningkatkan perlindungan bagi SDM  petugas kesehatan, masyarakat dan lingkungan serta Puskesmas sebagai Institusi, meningkatkan kinerja Puskesmas dalam pelayanan UKP, pelayanan UKM dan  Admin.

Ferawati mengatakan Pelaksanaan Survei nantinya, tim akan menelaah dan menelusur ‘’Menelaah dokumen-dokumen yang menjadi regulasi di Puskesmas baik bersifat Eksternal maupun Internal Puskesmas. Kemudian Kami akan Telusur melalui wawancara kepada petugas dan juga observasi,’’Bebernya.

Ketua Tim Surveior sedang memberikan arahan, saat tiba di Aula Puskesmas la’o.  Foto : Kominfo 

Kadis Kesehatan kabupaten Manggarai dr.Yulianus Weng, M.kes menjelaskan selama dua tahun berturut turut sebanyak 12 Puskesmas di Kabupaten Manggarai yang sudah diakreditasi ‘’Ada Sepuluh yang sudah dapat nilainya, dan syukur semuanya sudah lulus ,’’Terang Weng.

Menurut Kadis Weng hingga kini sudah ada 14 Puskesmas yang sudah dinilai oleh Tim ‘’Bulan lalu ada dua puskesmas yang belum ada nilainya , yaitu Puskesmas Bangka Kenda dan Puskesmas Watu Alo, Sementara hari ini yang disurvei Puskesmas La’o dan Puskesmas Bea Mese,’’Ujar Weng.

Dijelaskannnya, selama persiapan, tim dari Dinas sudah melakukan pendampingan sejak tahun lalu ‘’Ada tiga orang tim pendamping dari Dinas, setelah mereka didampingi, tim Dinas kemudian lakukan penilaian, setelah mereka dianggap mampu baru Kami kirimkan surat ke Kementerian untuk penilaian dan Kementerian akan tugaskan Tim kesini,’’Kata Weng.

Ditambahkannya, beberapa kategori apabila nantinya lulus penilaian, diantaranya Dasar, Madya dan Utama ‘’ Saya berharap ini Madya dan saya optimis pasti lulus,’’Ungkap Weng.

Kadis Kesehatan Kabupaten Manggarai didampingi Camat Langke Rembong, saat kegiatan Survei di Aula Puskesmas La’o.  Foto : Kominfo

Kepala Puskesmas la’o, Rosalia Dalima, A.Md.Keb mengatakan, tahap pendampingan dari Dinas sudah berlangsung sebanyak 9 kali sejak bulan Mei 2018 ‘’Sejak persiapan, Kami tidak meninggalkan pekerjaan pokok kami untuk melayani masyarakat dan juga turun ke lapangan, meski Kami tahu persiapan ini tidak gampang,’’Katanya.

Ia juga optimis survei nantinya akan memberikan hasil yang baik dan Puskesmas yang dipimpinnya dapat memperoleh Akreditasi baik ‘’Tentu Akreditasi baik itu selain Dasar, Madya maupun Utama. Saya impikan dapat Utama, kan ini impian, semuanya tergantung Tim Surveior,’’Ucapnya.

Turut Hadir dalam kegitan ini, Camat Langke Rembong Petrus C. Masangkat, Lurah Bangka Leda Pankratius Ehok, Lurah Compang Tuke Damianus Jehabur, lurah Rowang Edi Meta, Lurah Golo Dukal Yohanes A Bandur, Lurah Lawir Natalia E Siki, Ketua Tim Mutu Penanggungjawab Admin, Ketua Tim Penanggungjawab UKP, Ketua Tim Penanggungjawab UKM, tokoh masyarakat, serta petugas kesehatan di Pustu Golo Dukal, Pustu Wali, Pustu Pau, dan Pustu Waso.   (ars)

Puskesmas La’o.  Foto : Kominfo

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − four =