Pemkab Manggarai

Tim Pengembangan Daerah Tertentu,Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi Tiba Di Manggarai

Ruteng – Rombongan Tim dari Kementerian Desa dan Transmigrasi untuk Pengembangan Daerah Tertentu pada  Selasa malam (21/3/2018) tiba di Ruteng ibu kota Kabupaten Manggarai.

Rombongan yang berjumlah hampir 120 orang tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Daerah Tertentu,Kementerian Desa dan Transmigrasi Drs.Jihosua Markus Yoltuwu,M.Si,M.A,para pejabat Eselon 1 dan 2,Direktur serta Sekertaris Direktorat.

Tiba di rumah jabatan Wakil Bupati Manggarai sekitar pukul 19.30 Wita,rombongan langsung diterima secara Adat Manuk Kapu dan Tuak Curu serta pengenaan Topi dan Kain Songke Manggarai,disaksikan langsung Wakil Bupati Manggarai Drs.Victor Madur,Sekertaris Daerah Mansetus Mitak,S.H,Wakapolres Manggarai,Kepala Kejaksaan Negeri Ruteng,Kepala Pengadilan Ruteng,Kepala kantor kementerian Agama Manggarai,Pimpinan OPD,Staf Ahli Bupati,Asisten,serta utusan ASN lingkup Pemkab Manggarai.

Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu Drs.Jihosua Markus Yoltuwu,M.Si,M.A dalam sapaannya mengatakan Kabupaten Manggarai merupakan salah satu dari 16 kabupaten lainnya yang masuk dalam program kementerian Desa dan Transmigrasi,yakni Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) ‘’Kami Merespon dengan Melakukan Kegiatan Rapat Koordinasi Teknis di Ruteng,dan datang melalui jalan darat untuk melihat tata ruang wilayah,desa dan kehidupan masyarakat.Selama perjalanan,Saya nyaris tidak tidur melihat alam yang luar biasa,’’Terang Dirjen Jihosua.

Menjawab Nawacita Presiden Jokowi,dalam rangka membangun Desa,Dirjen Jiholsua Markus Yolwutu menjelaskan Kementerian telah menetapkan Kabupaten Manggarai sebagai salah satu Kabupaten Terintegrasi diantara 16 kabupaten lainnya di Indonesia ‘’ Saya ke Ruteng bawa serta dengan Lima Direktur dan Satu Sekertaris Direktorat,Lima Direktur tersebut punya Program,dalam rangka pengembangan wilayah Terintegrasi ini,’’Ujar Dirjen Jihosua.

Rombongan,menurut Dirjen Jihosua membawa serta kapal Barang antar pulau,sarana air bersih,program generasi sehat,serta nantinya program pengembangan wisata di Pulau Mules.

Dirjen Jihosua menambahkan dengan hadirnya pihak Kementerian hingga ke pelosok wilayah termasuk Kabupaten Manggarai,diharapkan hubungan lintas pemerintah daerah dan pusat bisa terintegrasi agar kontribusi yang diberikan pemerintah bisa dirasakan oleh masyarakat.

Selain mengadakan Rapat teknis di Ruteng,Rabu (21/3/2018),rombongan Dirjen dari Kementerian juga akan melakukan peninjauan kebeberapa kelompok-kelompok petani yang tergabung dalam pola Sistem Managemen Pertanian Terintegrasi (Simantri),diantaranya kelompok Simantri Bangka Jong di Kecamatan Wae Ri’I dan Poco Likang di Kecamatan Ruteng serta mengunjungi Pulau Mules di Kecamatan Satar Mese Barat.

Wakil Bupati Manggarai Victor Madur sedang berbincang dengan Dirjen Jihosua Markus Yoltuwu,di Rumah Jabatan Wakil Bupati.  Foto : Aris

Wakil Bupati Manggarai Drs.Victor Madur dalam sambutannya mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak Kementerian dalam hal ini Dirjen dan rombongan yang telah meluangkan waktu untuk hadir dan melihat dari dekat keadaan masyarakat di wilayah Manggarai ‘’Masyarakat kami sudah banyak merasakan bantuan yang diberikan Kementerian melalui Dirjen Pengembangan daerah tertentu,sehingga mengurangi kesenjangan di Kabupaten Manggarai,’’Terang Wabup Victor Madur.

Menyikapi Nawacita Presiden Jokowi berkaitan membangun dari Desa ujar Wabup Victor madur,Pemkab Manggarai telah melakukan kegiatan berkantor di Desa ‘’Kami berkantor di desa untuk pastikan pembangunan-pembangunan yang sedang berjalan,persoalan,dan kendala bisa dilihat dari dekat,’’Kata Wabup Victor Madur.

Wabup Victor Madur berharap agar bantuan-bantuan dari Kementerian kedepan bisa terus berlangsung,terutama bantuan kendaraan roda empat bagi Badan Usaha Milik Desa di 145 desa di kabupaten Manggarai yang saat ini tengah dibentuk.

Rangkaian acara penerimaan rombongan ditutup dengan Penukaran Cinderamata dan santap malam bersama.   **arismarsal

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.