Pemkab Manggarai

Tekan Laju Pertumbuhan Varian Omicron, Ini Tiga Point Yang disampaikan Presiden Kepada Kepala Daerah, Kapolda dan Pangdam.

Kominfo – Ditemukannya Virus Covid 19 Varian Omicron di Indonesia, ditanggapi cepat Presiden Jokowidodo dengan menggelar rapat secara virtual dengan sejumlah kepala daerah, Wali kota, Kapolda serta Pangdam di seluruh Indonesia, Kamis 16 Desember 2021.

Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit, S.E.,M.A. mengikuti rapat tersebut di Aula Nucalale kantor Bupati Manggarai bersama Sekretaris Daerah Drs. Jahang Fansi Aldus, Kapolres Manggarai AKBP Mas Anton Widyodigyo dan Dandim Letkol Kav.Ivan Alva, “pagi tadi sudah disampaikan Menteri kesehatan bahwa varian Omicron telah ditemukan di negara kita, artinya sudah masuk ke negara kita,” ungkap Presiden.

“Omicron telah masuk ke 88 negara. Jumlah kasusnya di dunia naik tiga kali lipat dalam tiga hari. Lebih menular, cepat menular,” sambung Presiden.

Oleh sebab itu Presiden mengingatkan semua pemerintah daerah untuk tidak lengah, “rumah sakit betul-betul disiapkan, cek oksigen, cek obat-obatan,” tuturnya.

Presiden kembali menegaskan tiga point penting yang harus dilakukan kepala daerah, Kapolda, dan Pangdam di seluruh Indonesia guna menekan laju pertumbuhan varian Omicron, Pertama memastikan protokol kesehatan berjalan baik, utamanya memakai masker, “pastikan itu pengawasan, lakukan kontrol lapangan karena kuncinya ada di sini. Sekali lagi pastikan kontrol kesehatan itu berjalan, utamanya di tempat-tempat yang tingkat interaksi masyarakatnya tinggi,” tegasnya.

Kedua, tracing dan testing harus terus dilakukan sesuai standar pencegahan dan penanangan Covid 19 yang telah ditetapkan selama ini, “ini harus terus dilakukan sesuai standar yang sudah sejak satu tahun lalu sering dikerjakan. Jangan sampai mengurangi dari standar yang telah ditetapkan,” paparnya

Ketiga, mempercepat proses vaksinasi sesuai dengan target pemerintah pusat. “Saya minta kepada Pemerintah daerah Pangdam dan Kapolda menggerakan lagi percepatan vaksinasi ini, karena ini akan sangat membantu memproteksi rakyat kita dari Covid 19, baik itu varian delta maupun varian omicron. Agar ini bisa dikejar sampai akhir tahun diselesaikan,” kata Presiden.

Seusai rapat, Bupati Manggarai langsung menggelar rapat bersama Dinas Kesehatan dan BLUD RSUD dr.Ben Mboi, guna menindaklanjuti arahan Presiden.  (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.