Pemkab Manggarai

Tatap Muka Dengan Pemkab Manggarai, Kapolda Johni Asadoma Bicara Tentang Cyber Crime

Kominfo- Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol. Drs. Johanis Asadoma, S.I.K.,M.Hum melakukan tatap muka dengan jajaran pemerintah kabupaten Manggarai, bertempat di aula Ranaka kantor Bupati Manggarai Selasa 16 Mei 2023.

Tiba di gerbang kantor Bupati, Kapolda dan rombongan diterima secara adat Tuak Curu ole Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut, S.H bersama sejumlah pimpinan perangkat daerah dan tokoh adat. Kemudian Kapolda diarak grup ronda menuju ruangan Nucalale untuk mengikuti seremoni adat Manuk Kapu.

Dalam arahannya Kapolda Johni Asadoma menjelaskan stategi yang dilakukan Polri untuk mengantisipasi kejahatan Siber (Cyber Crime) .

Dalam menanggulangi kejahatan Siber Tentunya Polri kata Kapolda tidak bisa bekerja sendiri dan harus bekerja sama dengan lembaga lain seperti Kominfo, KemenHum dan Ham serta Badan Siber dan Sandi Negara ‘’dari luar negeri juga kita bangun kerja sama, misalkan dengan Interpol, FBI yang membawahi penanggulangan kejahatan trans nasional ini,’’ucapnya.

Dijelaskan Kapolda, Kepolisian juga mempunyai Virtual Police yang bertugas memberikan edukasi untuk menggunakan perangkat elektronik secara bijak ‘’secara khusus kita kembangkan struktur organisasi, ada direktorat tindak pidana siber di bawah Bareskrim kalau di Mabes, kalau di Polda di bawah Direktur Reserse kriminal khusus,’’Jelasnya.

Jenderal Bintang Dua ini melanjutkan, ada juga monitoring center yang bertugas untuk memantau semua berita atau informasi yang ada di dunia maya ‘’kalau ada hal yang mengancam persatuan dan kesatuan maka Polisi akan bertindak, minimal untuk mentack down beritanya kemudian melakukan proses hukum kepada para pelaku,’’tegasnya.

Kapolda Johni Asadoma mengatakan Kepolisian membuka ruang komunikasi seluas-luasnya dengan masyarakat ‘’Kapolres, Kapolsek harus menerima masyarakat yang datang untuki menyampaikan keluhan-keluhannya melalui program jumat curhat,’’ungkapnya.

Kapolda juga mengajak semua pihak untuk terus bergandengan tangan bersama pihak kepolisian dalam upaya menjaga ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat agar tercipta suasana yang aman dan kondusif ‘’polisi itu kan dari rakyat dan tentunya bekerja juga untuk menjaga masyarakat,’’pungkasnya.

Terkait ketahanan pangan, Kapolda berpesan kepada Bupati dan Wakil Bupati untuk tidak memberikan alih fungsi lahan pertanian dengan alasan apapun yang mengakibatkan ketahan pangan kita rapuh ‘’beberapa tempat seperti di Bali, ada banyak lahan sawah yang sudah dialih fungsikan menjadi vila , perumahan mewah. Kalau semua lahan persawahan berubah maka kita akan bergantung pada import,’’ujarnya

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut, dalam sambutanya mengatakan meningkatnya kasus kriminal di Manggarai seperti perkelahian antar remaja terutama di tempat pesta tidak terlepas dari kebiasaan menenggak minuman keras ‘’menjadi diskusi kita bersama, apakah Peraturan Daerah itu masih diberlakukan, agar ketertiban di tengah masyarakat berjalan baik,’’ujarnya.

Selain itu Wabup Heri juga menuturkan terkait pembentukan Provinsi Flores, meski masih menjadi wacana Nasional kata Wabup, pembentukan Provinsi Flores tentu masih menjadi perbincangan hangat di tengah masyarkat ‘’tentu kita semua berharap Flores ini bisa menjadi sebuah Provinsi baru. Tapi jangan karena diskusi, jadi tidak ini Provinsi lalu ribut menentukan di mana ibu kotanya, ini juga tidak bagus. Silahkan diskusi karena ini juga bagian dari aspirasi,’’katanya.

Wabup juga mengatakan terkait Labuan Bajo sebagai kota pariwisata Premium dan dampaknya bagi daerah lain di wilayah pulau Flores ‘’mungkin saja jalan di pantai utara Reo diintervensi APBN sangat luar biasa, tentunya berdampak potensi ekonomi dan pengembangan pariwisata yang potensial bagi masyarakat di sana,’’paparnya

‘’Tetapi jalan dari ujung berbatasan langsung dengan Manggarai Barat, menuju simpang tiga kedindi kurang lebih empat puluh tujuh kilo meter, saat ini sangat parah. Namun Pa Gubernur berjanji, paling tidak ada tiga spot yang rusak berat, akan segera diperbaiki,’tambahnya.

Menurut Wabup Heri, jalan selain merupakan energi secara ekonomi juga berenergi secara sosial politik.

Acara diakhiri dengan santap siang, foto bersama dan penyerahan plakat dari Kapolda kepada Pemerintah kabupaten Manggarai, diterima langsung oleh Wakil Bupati Manggarai.

Dalam lawatannya ke kabupaten Manggarai Kapolda NTT melaksanakan berbagai agenda kegiatan, diantaranya pengecekan sarana dan pra sarana di Brimob Ruteng, safari kamtibmas di SMK Sadar Wisata, aksi sosial di kampung adat Ruteng Pu’u, serta kuliah umum di kapus Unika Ruteng.

Turut hadir dalam acara ini, Kapolres Manggarai, Dandim 1612 Manggarai, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Unsur Forkopimda, Pimpinan Perangkat Daerah, ketua KPU dan jajaran, ketua Bawaslu dan jajaran, pimpinan partai politik, tokoh pemuda, tokoh agama serta insan pers. (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =