Pemkab Manggarai

Silaturahmi Dengan Umat Muslim, Bupati Hery : Selamat Merayakan Hari Kemenangan

Kominfo – Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit, S.E.,M.A menyampaikan ucapan selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah tahun 2023 kepada seluruh umat muslim di kabupaten Manggarai.

Hal tersebut disampaikan Bupati Herybertus Nabit saat bersilahturahmi dengan umat muslim yang ada di wilayah kecamatan Langke Rembong, bertempat di Masjid Baiturachman Ruteng, Sabtu 22/4/2023) pagi.

Tiba di halamam Masjid Baiturachman yang terletak di kelurahan Satar Tacik, Cunca Lawar Ruteng, Bupati Herybertus Nabit dan rombongan disambut Imam Masjid Baiturachman, Jamaludin dan ketua MUI kabupaten Manggarai Haji Abdurachman Marola serta umat Muslim yang memadati halaman Masjid.

Meski suasana terlihat santai, namun lantunan ayat-ayat suci Al-Quran dan doa dari Imam Masjid menambah suasana khusuk merayakan hari raya Idul Fitri kali ini

Bupati Herybertus Nabit dalam sambutannya mengatakan, hari raya Idul Fitri yang dirayakan umat Muslim terutama di kabupaten Manggarai, bukan akhir dari segalanya.

Perayaan Idul Fitri lanjutnya ibarat kendaraan bermotor yang harus dimulai dari awal atau nol kilo meter untuk menjalani hari-hari yang akan datang ‘’kami berharap bahwa hari yang baru ini, semangat baru ini, persaudaraan yang dirajut hari ini akan jadi bekal bagi kita semua untuk menjalani tahun yang akan datang,’’ungkapnya.

Bupati Hery menuturkan, waktu-waktu yang akan dilalui bersama ke depan adalah waktu-waktu pembuktian, apakah Idul Fitri yang dirayakan hari ini adalah Idul Fitri yang membawah keberkahan atau tidak.

Dikatakannya, patut disyukuri pula kepada ALLAH Subhanahu wa ta’ala yang telah memberikan agama Islam yang menyatukan perbedaan-perbedaan seperti suku, ras, golongan dan lainnya ke dalam satu kesatuan‘’ kita disatukan dalam persaudaraan,dalam kekeluargaan di dalam lembaga keagamaan ini. Saya berdiri di sini (halaman Masjid ) ini sebagai saudara, sebagai kakak dan adik untuk sama-sama merayakan hari kemenangan ini,’’ujarnya.

Tahun-tahun yang sedang dilalui saat ini dan tahun mendatang lanjut Bupati Hery adalah tahun di mana bangsa Indonesia sedang mengalami masa pemulihan ekonomi.

Karena itu Bupati Hery mengajak umat Muslim agar saling mendukung dan saling memperhatikan dalam setiap kesulitan ‘’sangat dibutuhkan dari kita semua, agar masyarakat dan bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar, bangsa yang kuat. Bukan karena bantuan dari luar tapi karena kekuatan kita sendiri di dalam, karena kita sendiri bersatu,’’paparnya.

Bupati Hery juga menyampaikan himbauan dalam rangka menyambut pemilihan umum tahun 2024 mendatang. Tentu perbedan itu kata Bupati menjadi nyata tetapi meski dilahirkan berbeda tetapi kita bersyukur bahwa kita berbeda ‘’kita tidak bersyukur kita sama tapi kita bersyukur bahwa kita berbeda. Karena dengan perbedaan itu ,kita punya peran, punya kemampuan masing-masing. Dan masing-masing perbedaan itulah yang disatukan sebagai satu kekuatan untuk membangun masyarakat kita,’’tuturnya.

‘’Perbedaan adalah keniscayaan. Mari tetap merajut perbedaan, mari tetap merajut persaudaraan dan mari kita jaga bersama tanah Manggarai sebagai bagian dari Indonesia,’’pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) kabupaten Manggarai Haji Abdurachman Marola mengatakan keberagaman kehidupan di kabupaten Manggarai yang sudah terjalin lama merupakan kebersamaan yang nyata dan tidak dapat dipisahkan oleh hubungan manusia dengan manusia.

Menurut Haji Marola,kewajiban dari semua umat beragama adalah komunikasi dan dialog kemanusiaan demi kebersamaan dan juga keharmonisan yang tentunya juga nanti akan kita pertanggungjawabkan di hadapan ALLAH Subhanahu wa ta’ala ‘’nanti ALLAH Subhanahu wa ta’ala akan bertanya sudahkah kamu berbuat baik terhadap sesama. Hanya itu saja sebagai manusia yang kita pertanggungjawaban di hadapan ALLAH Subhanahu wa’ta ala. Untuk itu mumpung kita masih di dunia mari sama-sama kita berbuat baik kepada sesama agar kita bisa pertanggungjawabkan,’’ungkapnya.

Perayaan Idul Fitri kali ini juga kata Dia merupakan perayaan kasih antara sesama terlebih khusus antara pemerintah daerah dengan umat Muslim di Manggarai khususnya di kota Ruteng ‘’ini sebuah kebanggan dan keistimewaan bagi umat Muslim, karena pemimpin daerah ini, bisa turun langsung memberikan ucapan selamat kepada kita semua,’’katanya.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada Orang Muda Katolik dan Protestan yang sudah mendukung kelancaran pawai keliling menyambut hari raya Idul Fitri ‘’ sungguh luar biasa jalan kaki didampingi teman-teman Orang Muda Katolik dan Protestan. Kami juga bahagia karena didukung Paroki Kumba, paroki Kristus Raja dan GMIT Imanuel. Selain itu juga terima kasih kepada aparat dari Polres Manggarai, Kodim 1612 dan Sat Pol PP,’’ujarnya.

Turut mendampingi Bupati dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Jahang Fansi Aldus, Ketua DPRD Matias Masir, Ketua Tim Penggerak PKK Ny.Meldyanti Hagur Nabit, Kapolres Manggarai AKBP Edwin Saleh, Dandim 1612 Manggarai Letkol Arh.Drian Priyambodo, pimpinan perangkat daerah serta Camat Langke Rembong Emil Ndahur . (ars) 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 11 =