Pemkab Manggarai

Sekda Fansy Buka Sosialisasi Beasiswa LPDP

Kominfo Manggarai – Sekretaris Daerah (Sekda) Manggarai, Drs. Jahang Fansy Aldus membuka sosialisasi beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Manggarai. Sosialisasi dilaksanakan di aula Ranaka, Kantor Bupati Manggarai, Jumat (20/01).

Beasiswa LPDP merupakan program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah dengan memanfaatkan dana pengembangan pendidikan nasional (DPPN) di bawah Kementerian Keuangan RI.

Sekda Fansy dalam sambutannya mengungkapkan, tantangan SDM dalam pelaksanaan pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan saat ini dan ke depan makin berat. “Jaman tahun 80 an ke 90 an beda tantangannya. Tahun 90 an ke tahun 2000 an berbeda juga dinamikanya. Tahun 2010 sampai sekarang pun sudah jauh berbeda,” ungkapnya.

Menyikapi tantangan itu kata Sekda Fansy, perlu peningkatan SDM di pemerintahan. Salah satunya melalui pendidikan bagi ASN. “Tantangan kita saat ini malah makin berat, dibutuhkan memang Aparatur Sipil Negara yang punya kompetensi lebih,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini cukup banyak ASN lingkup Pemkab Manggarai yang ingin menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi. Untuk itu beberapa waktu lalu Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit menginisiasi sosialisasi program beasiswa bagi para ASN. “Banyak ASN maupun di luar ASN yang ingin memanfaatkan moment ini,” jelasnya.

Sekda Fansy yakin output program ini akan menunjang pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan di kabupaten Manggarai ke depan.

Dia menambahkan, peningkatan SDM kaum milenial menjadi salah satu program prioritas pada masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, SE. MA-Heribertus Ngabut, SH.

Dikatakan, saat ini ada kurang lebih 49 calon tenaga kerja milenial Manggarai yang tengah mengikuti pelatihan bahasa Jepang di ruangan SMPN 1 Langke Rembong. Selanjutnya mereka akan dikirim bekerja di Jepang. “Mereka nanti akan direkrut. Di Jepang sudah disiapkan lapangan kerja, tinggal kalau mereka bahasa Jepangnya bagus berangkat sudah nanti. Jadi berbagai moment kita manfaatkan dalam rangka peningkatan kualitas SDM kita,” ujarnya.

Sekda Fansy berharap, para ASN yang telah mengikuti program beasiswa LPDP agar membagikan ilmu yang diperoleh selama kuliah dengan ASN lainnya. “Ada juga pegawai yang pelit ilmunya. Jangan pelit karena itu juga rahmat. Bagi itu rahmat kepada teman-teman yang lain,” harapnya.

Sosialisasi beasiswa ini diikuti 50 an peserta dari sejumlah OPD dan 11 orang alumnus program beasiswa LPDP Manggarai. Para alumnus ini menempuh pendidikan di sejumlah perguruan tinggi di dalam negeri dan beberapa diantaranya di sejumlah perguruan tinggi di luar negeri. ***(Yoga)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − two =