Pemkab Manggarai

Sekda Buka Kegiatan Bimtek Tahap I Penyusunan Masterplan Kota Cerdas Kabupaten Manggarai

Sekertaris Daerah Manggarai Drs. Jahang Fansy Aldus membuka kegiatan Bimbingan Teknis Tahap I Penyusunan Masterplan Kota Cerdas ( Smart City ) Kabupaten Manggarai, Senin ( 21/06/2021 ) di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai. Selaku nara sumber yakni tim Tenaga Ahli/ Pembimbing dari Kementrian Kominfo Windy Gambetta, Mila Karmila, Radityo Wahyu Hermawan, Erna Puspita Dewi dan Julia Adisa Kumala.

Sekda Jahang menjelaskan, Pemkab Manggarai sejauh ini sudah bekerja sama dengan Badan Otoritas Pariwisata Labuan Bajo dalam rangka mendukung kegiatan pariwisasta. Di manggarai sendiri terdapat banyak obyek wisata, salah satunya bahkan sudah ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia yakni obyek wisata Wae Rebo. “Kabupaten Manggarai letaknya sangat dekat dengan daerah wisata super premium Labuan Bajo. Pemerintah Pusat melihat jangan sampe Labuan Bajo maju sendiri. Soal smart citty, bagaimana daerah penyangga memberikan kontribusi, atau kita memetik hal hal positif bagi pembangunan daerah ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, Manggarai merupakan salah satu daerah yang dipilih sebagai daerah smart city. Terkait hal itu, Bupati Manggarai sudah melakukan penandatangani MOU, itu artinya pekerjaan kedepan akan lebih berat lagi. ” saya minta kegiatan hari ini berkesibnambungan, tahap kedua nanti harus orang yag sama yang ikut ini bimtek,” tandasnya.

Sementara itu Kadis Kominfo Veni Diana Wanggut mengatakan, Bimtek itu digelar untuk mewujudkan Kabupaten Manggarai sebagai kota cerdas yang inovatif, berdaya saing untuk mendorong kemudahan layanan layanan publik, melalui pendekatan teknologi informasi, yang didukung oleh tata kelola pemerintahan cerdas, sinergi pembangunan ekonomi cerdas, dukungan pengelolaan ekosistem tempat hidup cerdas, partisipasi cerdas masyarakat, pengelolaan sumber daya alam dan pemeliharaan lingkungan cerdas.

Bimtek Tahap I ini fokus pada konsolidasi tim penyusunan masterplan smart city, tim pelaksana smart city, analisis strategis smart city khusunya kesiapan, kesenjangan, analisis SWOT, strategi pembangunan, visi, misi dan sarana pembangunan smart city.

Sementara itu Tenaga Ahli dari Kementrian Kominfo Windy Gambetta menjelaskan, pihaknyan mendapat tugas dari Kementrian Kominfo untuk membantu kabupaten yang dipilih sebagai smart city. Sejak 2017 kata Dia pihaknya sudah bayak membantu banyak kota menuju smart city.

” Kabupaten Manggarai ini merupakan salah satu daerah pendukung daerah wisata super premium Labuan Bajo. Jadi kita harus sama sama maju, kita coba dengan smart city, mari kita diskusi, mari kita buat rencana agar daerah ini lebih baik lagi dan lebih menyenangkan, dan tahun ini kita fokus bantu kota pariwisata,” ungkapnya. ( pet ).

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.