Pemkab Manggarai

Ratusan Kendaraan Terjaring Operasi Gabungan

Ruteng– Ratusan Kendaraan,baik roda dua,roda empat maupun roda enam yang berada dalam Kota Ruteng terjaring Razia dalam Operasi gabungan yang melibatkan Satlantas,Dinas Perhubungan,serta Samsat Kabupaten Manggarai,Rabu (14/6/2017.

Para pengendara dan pengemudi yang tidak memiliki dokumen lengkap tampak pasrah ketika petugas gabungan menggiring kendaraan-kendaraan mereka untuk diperiksa kelengkapannya di sepanjang ruas  Jalan Slamet Ryadi dan depan Kantor DPRD Kabupaten Manggarai.

Bahkan ada pengendara terutama roda dua berpura-pura kehabisan bahan bakar untuk mengelabui petugas,namun petugas tidak begitu saja percaya dan tetap memeriksa kelengkapan kendaraan.Sementara Pengendara lain yang luput dari pengelihatan petugas memilih berbalik arah dan kabur sebelum kedapatan razia.

KasatLantas Polres Manggarai AKP Risky Fardian melalui KBO Lantas Polres Manggarai Ipda I Ketut Kantun disela-sela operasi gabungan tersebut menjelaskan operasi ini akan rutin digelar untuk menekan angka kecelakaan dan pelanggaran baik di Kota Ruteng maupun diluar wilayah termasuk di Kabupaten Manggarai Timur.

Menurut Kantun dalam evaluasi jajaranya,masih banyak pelanggaran-pelanggaran terutama tidak memakai helm,tidak memiliki SIM serta ugal-ugalan di jalan ’’Kita bisa lihat tiap hari,anak-anak sekolah jam pelajaranpun masih saja ugala-ugalan dan membahayakan pengendara lain,’’Ujar kantun.

Jika operasi ini rutin dilaksanakan,kata Kantun paling tidak angka kecelakaan dan pelanggaran bisa diminimalisir ‘’Operasi ini pasti rutin kami laksanakan,Kalau angka kecelakaan dan pelanggaran berkurang,kenyamanan pengendara di jalan juga pasti lebih baik,’’Kata Kantun.

Dirinya menambahkan sanksi yang diberikan kepada pengendara dan pengemudi yakni membayar denda sesuai pelanggaran dengan menggunakan aplikasi E-tilang dimana para pengendara dan pengemudi langsung membayar ke Bank sesuai denda tilang ‘’Kami hanya mendata,tidak menerima titipan tilang,jadi Pengendara langsung ke Bank,’’Ungkap Kantun.      (aris marsal)

Data : Petugas sedang mendata Kelengkapan Dokumen Pengendara. Foto : Aris

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.