Pemkab Manggarai

Ramah Tamah Dengan Danrem 161 Wira Sakti Kupang, Bupati Hery : Terima kasih Atas Perhatian TNI Dalam Upaya Membangun Manggarai


Kominfo- Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit, S.E M.A bersama jajaran pemerintah kabupaten Manggarai, mengadakan ramah tamah dengan Komandan Korem ( Danrem) 161 Wira Sakti Kupang Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H.,M.M, bertempat di rumah jabatan Bupati Manggarai, Rabu 7 Juni 2023 malam.

Tiba di Rumah Jabatan Bupati, Danrem yang datang bersama Ibu dan Dandim 1612 Letkol Arh.Drian Priyambodo, disambut Langsung Bupati Manggarai Herybertus Nabit, ketua DPRD Matias Masir, Sekda Manggarai Jahang Fansi Aldus, Unsur Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda ,Pimpinan Perangkat Daerah, serta para kepala bagian lingkup pemerintah kabupaten Manggarai.

Bupati Herybertus Nabit dalam sapaanya menyampaikan selamat datang kepada Danrem Febriel Buyung Sikumbang di kabupaten Manggarai ‘’Selamat datang di kota dingin dan kecil ini. Meski cuacanya dingin ,tapi masyarakatya penuh kehangatan,‘’ucapnya.

Selain itu Bupati Hery mengucapkan terima kasih atas peran dan perhatian Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam upaya membangun Manggarai selama tahun-tahun yang telah lewat ‘’kami percaya sebagaimana pada masa-masa yang lalu kerja sama antara TNI, pemerinta daerah dan masyarakat Manggarai sudah terjalin dengan baik, di masa lalu dan tentunya di masa yang akan datang,’’ungkapnya.

Bupati Hery menjelaskan, kabupaten Manggarai merupakan salah satu kabupaten yang terbentuk bersamaan dengan pembentukan Provinsi NTT pada tahun 1958.

Dijelaskan, karena luasnya jangkauan pelayanan maka pada tahu 2003 para pendahulu dan tokoh masyarakat memutuskan untuk mengusulkan pembentukan kabupaten Manggarai Barat ‘’karena dirasa pelayanan masih terlalu luas, maka pada tahun 2007 orang tua dan para pendahulu kami memutuskan untuk mengusulkan pembentukan kabupaten Manggarai Timur,’’jelasnya.

“’kami juga mau katakan, tempat kita berdiri dan berada pada malam ini, adalah tempat di mana semuanya dimulainya pembangunan di Manggarai ini. Rumah ini (rumah jabatan) adalah rumah yang berdiri sejak Bupati pertama di kabupaten Manggarai,’’terangnya.

Dikatakan Bupati Hery,meskipun saat ini ada kabupaten Manggarai Barat dan Manggarai Timur, namun kedua kabupaten tersebut merupakan pemekaran wilayah dan administrasi semata, tetapi hubungan kekeluargaan, kekerabatan dan budaya juga tetap disebut satu yakni budaya Manggarai.

Lebih lanjut dijelaskan, kabupaten Manggarai terdiri dari 12 kecamatan, 145 desa dan 26 kelurahan. Sedangkan beberapa desa masih dalam proses pemekaran tetapi sedang dalam Moratorium pemekaran desa sesuai keputusan Kemendagri yang menetapkan bahwa pemekaran desa baru akan bisa dilanjutkan setelah Pemilu 2024.

Sementara jumlah penduduk di kabupaten Manggarai terang Bupati Hery, yakni berjumlah 300.000 ribuan jiwa dengan komposisi yang sama antara laki-laki dan perempuan ‘’dengan perbandingan jumlah laki-laki dan perempuan ini, saya kira rumus kemajuan di Manggarai ini jelas, kita tidak bisa melupakan kaum perempuan dalam mendukung pembangunan di Manggarai. Tentu Manggarai yang maju juga datang dari kaum laki-laki, juga dari kaum perempuan itu sendiri’’paparnya.

Di tempat yang sama Dandrem 161 Wira Sakti Kupang Febriel Buyung Sikumbang mengaku sangat mengagumi daerah Manggarai yang begitu subur dan banyak menghasilkan tanama pertanian ‘’Daerah Manggarai ini, sama seperti di Sibolga tempat tugas saya sebelumnya, tepatnya di daerah Tapanuli Utara. Banyak menghasilkan Kopi. Sangat bersyukur bisa datang ke daerah ini penuh dengan kekayaan adat, budaya dan tentunya keramah tamahan masyarakatnya,’’katanya.

Danrem Febriel menjelaskan, kedatangannya di Manggarai untuk melihat langsung keberadaan kesatuan TNI di wilayah Manggarai Raya.
Untuk di Manggarai Barat terang Danrem, sudah ada progres untuk pembangunan Kodim baru ‘’mudah-mudahan Kodim Manggarai Barat segera dibangun, sehingga wilayah kerja Dandim 1612 Manggarai tinggal Manggarai dan Manggarai Timur’’ungkapnya.

“kalau di Mangarai ada tiga Koramil, untuk itu saya minta Pa Bupati mungkin bisa menyediakan lahan untuk pembangunan Koramil, sehingga bisa memperluas dan memaksimalkan pelayanan dan tentunya membantu tugas-tugas pemerintah daerah,’’katanya.

Dirinya juga berharap, agar kemajuan pariwisata di Manggarai Barat bisa berdampak juga kepada kabupaten Manggarai ‘’tentu harapannya anak-anak kita bisa bekerja di Labuan Bajo. Lalu hasil-hasil bumi kita seperti sayur dan buah-buahan bisa didatangakan dari Manggarai untuk memenuhi kebutuhan hotel-hotel di sana,’’pungkasnya.

Sebelum jamuan makan malam bersama, Bupati Heri dan Ketua DPRD Matias Masir menyerahkan cinderamata mata kepada Dandim 161 Wira Sakti Kupang. sementara Dandim 161 Wira Sakti Kupang menyerahkan Plakat kepada pemerintah kabupaten Manggarai yang diterima langsung oleh Bupati Manggarai. (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − 6 =