Pemkab Manggarai

PLTU Ulumbu Miliki Potensi Listrik 10 MW

Ruteng – Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU ) Ulumbu yang terletak di desa Wewo Kecamatan Satar Mese Kabupaten Manggarai memiliki potensi listrik sebesar 10 Mega Watt (MW).

 PLTU Ulumbu yang diresmikan mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan pada tanggal 11 November 2011 silam memiliki empat unit dan menyimpan potensi sebesar 2,5 MW sehingga keseluruhan mencapai 10 MW.

Hal tersebut di utarakan Haryadi selaku koordinator PLN wilayah Nusa Tenggara Timur kepada Media ini di PLTP Ulumbu desa Wewo Kecamatan Satar Mese 20 Km arah selatan kota Ruteng,Rabu (14/12/2016).

Haryadi yang didampingi Manager Pengelola PLTU Ulumbu Rian menuturkan PLTU Ulumbu saat ini melayani penerangan listrik di wilayah Manggarai termasuk Borong dan Lembor namun masih terkoneksi  dengan pembangkit listrik Tenaga Diesel (PLTD) Waso di Ruteng, dari pagi hingga malam hari ’’Untuk penerangan sendiri, masih di bantu dengan mesin dari PLTD Waso,’’Terang Haryadi.

Disinggung mengenai seringnya listrik mengalami pemadaman, Dia menjelaskan selain karena factor cuaca seperti longsor yang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan mengenai jaringan kabel, kendala lain kata Haryadi karena jaringan masih memakai tegangan menengah sebesar 20 Kilo Watt ( KW).

Untuk itu kedepan Haryadi mengungkapkan PLN akan menambah kapasitas dan pengeboran hingga tahun 2021, dan direncanakan dimulai tahun 2019 dengan satu unit kapasitas 2×20 MW ’’kalau dapat Uap bagus, kita akan lakukan pengeboran dan rencananya mulai 2019-2021,’’ Ujar Haryadi.

Terkait pengoperasian dan pemeliharaan potensi panas bumi tersebut Haryadi mengatakan sepenuhnya diserahkan kepada Cogindo selaku anak perusahaan Indonesia Power, sementara pihak PLN hanya mengawasi pengoperasian ‘’Kebetulan ada Pa Rian selaku manager Cogindo, beliau yang mengatur pengoperasian dan pemeliharaan disini (Ulumbu),’’ Kata Haryadi diamini Manager Cogindo Rian.

Sementara mengenai kesiapan pasokan listrik menyambut Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 Haryadi mengaku pihaknya jauh-jauh hari telah mengantisipasi hal-hal buruk yang bisa mengganggu pasokan listrik selama Natal dan Tahun baru mendatang ‘’Mudah-mudahan tidak ada kendala, dan kami akan bekerja maksimal ,” Ungkap Haryadi.     ***(Ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.