Pemkab Manggarai

Pimpin Apel Perdana Tahun 2022, Bupati Hery Nabit Apresiasi Jajaran Satgas dan Petugas Kesehatan di Manggarai

Kominfo – Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit, S.E.,M.A. memimpin apel perdana di tahun 2022, bertempat di halaman kantor Bupati Manggarai, Senin (10/1/2022).

Dalam arahannya di hadapan ASN, Tenaga Harian Lepas dan tenaga Kontrak Lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai, Bupati Hery Nabit mengapresiasi jajaran satuan tugas penanganan Covid-19 dan juga tenaga kesehatan di Kabupaten Manggarai yang sudah bekerja keras dan bekerja sama dalam upaya pencegahan dan penanganan covid 19 di tahun 2021. “Meskipun kita ada pada level satu, tetapi tidak mengurangi kewaspadaan kita. Kalau bicara waspada, yang utama sekali adalah vaksinasi,” ungkapnya.

Untuk itu Bupati Hery meminta seluruh pimpinan perangkat daerah untuk mendata kembali ASN yang belum mengikuti vaksinasi, baik vaksin pertama maupun kedua.”Data kembali dan laporkan. Terutama untuk Dinas PPO. Data kembali guru-guru yang belum divaksin,” ujarnya.

Bupati Hery berharap, situasi di tahun 2022 akan membaik dari Covid-19, agar tidak terulang kembali pemerintah daerah melakukan refocusing anggaran untuk penanganan Covid -19. “Kalau semua berjalan baik, ekonomi akan kembali pulih. Pendapatan masyarakat lebih baik, sehingga pajak dan retribusi kembali meningkat,” paparnya.

Meski diakui Bupati Hery, perolehan pajak dan retribusi kabupaten Manggarai tahun 2021 tidak mencapai target dan pemerintah daerah tidak bisa memaksa dalam kondisi seperti ini.

Namun demikian, sebagai pimpinan, beliau menaruh hormat dan mengapresiasi perangkat daerah yang mengurus pendapatan daerah, yang sudah bekerja keras, meskipun belum pada tingkat yang maksimal untuk PAD. “Terima kasih untuk prestasi dan kerja keras kita semua. Dan kita berharap kerja keras itu akan semakin ditingkatkan pada tahun 2022 ini,” katanya.

Selain itu pimpinan perangkat daerah juga diingatkan untuk perlu mempersiapkan administrasi tahun 2021, sebagai persiapan awal pemeriksaan oleh BPK pada awal bulan Februari 2022. “Selesaikan segera. Saya kira tidak ada waktu untuk berleha-leha. Irama kerja kita harus kembali pada semangat di minggu-minggu mendatang ini,” tuturnya.

Dikatakan, tahun 2022 merupakan tahun pemulihan ekonomi. “Namun ini kiranya menjadi bagian dari semangat bersama, meskipun sudah tertera pada DPA perangkat daerah masing-masing, tetapi tidak salah jika ada bagian-bagian yang bisa dihemat kita hemat,” katanya.

Bupati Hery mengatakan, yang ditakutkan pada pertengahan tahun. Seperti tahun lalu Covid -19 akan meningkat kembali, kemudian pemerintah daerah tidak punya anggaran lagi untuk penanganan Covid -19.

Untuk itu kata Bupati Hery, penghematan menjadi inisiatif perangkat daerah masing-masing. Penghematan akan menjadi langkah yang sangat berguna dan bermanfaat. “Pada awal tahun ini, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di pertengahan dan akhir tahun. Karena itu persiapan menuju masa-masa yang tidak pasti itu akan menjadi sangat penting,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga mengingatkan para pegawai untuk meningkatkan disiplin dan bijak ber-media sosial. Dua tahun Menjelang pemilihan Presiden dan Legislatif, biasanya suasana sedikit memanas. “Saya betul-betul meminta dan memohon kepada segenap aparat pemerintah daerah di Kabupaten Manggarai untuk bijak ber-media sosial. Hal-hal yang tidak perlu dikomentari, tidak usah dikomentari. Jangan sampai jari lebih cepat dari kita punya kepala. Kita semua dalam pantauan. Saya juga dalam pantauan,” tegasnya.

“Apapun afiliasi politik dan partai anda, meskipun anda tidak menjadi bagian dari partai politik tetapi preferensi politik pribadi anda, saya mohon tidak ditunjukan secara terbuka di media sosial agar situasi kita menjadi situasi yang aman,”pintanya.

Di bagain akhir amanatnya, Bupati juga meminta kepada para pegawai, tenaga kontrak dan tenaga harian lepas untuk tetap bekerja sesuai tugas masing-masing. “Tidak perlu mengikuti polemik di luar, baik di Manggarai maupun kabupaten lain berkaitan dengan pengangkatan THL maupun tenaga kontrak. Saya tidak menjamin apapun, Kerja saja di awal tahun dengan baik. Masukan lamaran kembali, nanti kita akan atur dengan baik dan bijaksana,” tutupnya.

Apel perdana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat ini, juga turut diikuti Sekda Manggarai Drs.Jahang Fansi Aldus, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Pimpinan OPD, para kepala bagian dan seluruh pegawai lingkup Pemkab Manggarai.   (ars)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published.