Pemkab Manggarai

Pimpin Apel Perdana, Ini Yang Disampaikan Sekda Jahang Kepada Para Pegawai

Tanggal update: 27 Jan 2020 16:21, oleh: Admin

Ruteng – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Manggarai Drs. Jahang Fansi Aldus mengharapkan dukungan dari seluruh pegawai di Lingkup Pemkab Manggarai dalam menunjang dan mendukung pekerjaan- pekerjaannya selama menjabat Sekda di Kabupaten Manggarai.

Hal tersebut disampaikan Sekda yang biasa disapa Fansi Jahang ini, saat memimpin Apel perdana sebagai Sekda baru, di halaman Kantor Bupati Manggarai, Senin (27/01/2020).

Selain itu Sekda Fansi Jahang juga menyampaikan hal terkait disiplin ASN ‘’ Biasanya dalam apel mingguan, dilaporkan juga jumlah keseluruhan kehadiran peserta apel, baik ASN maupun THL di setiap perangkat daerah. Sehingga bisa tahu, berapa yang hadir, berapa yang rajin, berapa yang malas,’’ungkapnya.

Dikatakan Sekda, dari sekian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada, hanya satu saja OPD yang melapor terkait kehadiran apel mingguan pegawai ‘” hingga minggu lalu, hanya satu OPD, Saya lupa OPD mana. Diharapkan minggu ini, OPD lain melaporkan,’’ bebernya.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan pemerintahan tiga bulan pertama (Triwulan I) dalam tahun anggaran merupakan waktu untuk menyelesaikan berbagai laporan ‘’Sampai hari Jumat lalu, baru dua OPD yang menyampaikan Laporan Kinerja Pemerintah Daerah (LAKIP) daerah, yakni BP4 dan Dinas Kearsipan ‘’Saya tahu OPD-OPD lain akan menyusul, karena kita saat ini saling keroyokan kerjanya dengan laporan-laporan lainnya,’’tegasnya.

‘’Ada satu OPD yang hingga kini dan merupakan penanggungjawab Indeks Kinerja Daerah untuk LAKIP Bupati yang belum melaporkan. Saya minta serius ini, dan ini tugas Sekretaris. Tugas Sekretaris untuk memastikan laporan-laporan itu,’’sambungnya.

Sekda juga menyampaikan hal terkait laporan semesteran aset ‘’Bendahara barang yang mengurus barang di setiap OPD, ini tugas kalian, semester pertama tahun 2019 belum selesai,’’Jelasnya.

Menurut Sekda, awal bulan Februari 2020 tim dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan melakukan audit pendahuluan terhadap seluruh pekerjaan, khususnya laporan keuangan pada tahun 2019 ‘’Pertanyaan pertama BPK, bagaimana tindak lanjut dari hasil atau temuan pada tahun sebelumnya, itu pertanyaan pertama,’’tuturnya.

Dalam penyampaian selanjutnya,Sekda mengingatkan Dinas PUPR dan BPBD agar segera merespon, menanggapi dan melakukan tanggap darurat terkait laporan – laporan masyarakat mengenai bencana alam di beberapa lokasi   ‘’Kita perlu Verifikasi di lapangan ,benar tidak terjadi bencana,’’ujarnya.

Persoalan lain yang butuh penanganan kata Sekda, yakni demam berdarah yang telah menelan korban jiwa satu orang meninggal dunia di Desa Ladur Kecamatan Cibal dan 19 lainnya dirawat di rumah sakit ‘’posko-posko yang ada agar dimanfaatkan dengan baik untuk menolong warga yang mengalami demam berdarah sehingga tidak menyebar ke warga lain,’’ pungkasnya.    (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.