Pemkab Manggarai

Peringati Panca Windu, Bupati Hery Buka Pagelaran Caci di Smandu Ruteng

Ruteng Kominfo-Bupati Manggarai Herybertus G.L., Nabit S.E. M.A, membuka secara resmi pagelaran caci dalam rangka memperingati Panca Windu SMA Negri 2 Langke Rembong, jumaat ( 03/11/2023 ), di halaman sekolah Smandu Ruteng. Selaku meka landang dalam pagelaran caci tersebut yakni siswa SMAN 1 Langke rembong.

Acara tersebut berlangsung meriah meski ditengah terik matahari. Siswa siswi, para guru dari  kedua sekolah tersebut terlihat antusias menyaksikan pagelaran caci tersebut.

Bupati Hery dalam sambutanya mengatakan, kedepan acara seperti ini akan lebih banyak, lebih bermutu serta berwarna warni.

” Sekolah Smandu ini tentu sudah banyak menghasilkan banyak anak didik yang sukses dengan berbagai profesi yang mereka jalani. Itu menjadi gambaran buah-buah yang berlimpah, itu alasan kenapa hari ini kami kesini, mengucap terimakasih untuk yang telah lalu tapi memberi harapan untuk yang akan datang,” ujarnya.

Kedepan lembaga sekolah di manggarai diharapkan juga bisa mempersiapkan anak-anak untuk bertarung mungkin bukan ditingkat global, tapi paling tidak bisa bertarung dengan orang-orang yang datang dari dunia global.

” Anak-anak kita saat ini fisiknya ada di kehidupan lokal, tetapi pikiranya ada di kancah  global. Di usia yang ke-40 ini, pemkab manggarai menitipkan bahasa asing untuk anak-anak didik kita, karena itulah tantangan kita kedepan, pertarungan kita ada pada level itu kedepan,” tandasnya.

Kata Bupati Hery, harus dikomunikasikan lagi supaya pelajaran bahasa asing, salah satunya bahasa jepang agar diajarkan di sekolah menengah karena hanya dengan itu kita bisa bersaing di dunia kerja. ” Anak-anak yang tidak ingin kuliah tapi pingin kerja harus bisa bahasa asing, hanya dengan itu kita bisa kerja di luar negri,” ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah pimpinan OPD, serta warga setempat.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 11 =