Pemkab Manggarai

Peringati HUT TNI dan PMI,Kodim 1612 Manggarai Gelar Donor Darah

Ruteng – Jelang hari jadinya ke 73,tanggal 5 Oktober dan HUT PMI ke 73 tanggal 17 September 2018,Kodim 1612 Manggarai bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Cabang Manggarai,menggelar kegiatan donor darah yang berlangsung di Lapangan Motang Rua Ruteng,Jumat (21/9/2018).

Kepada Media ini Pasiteritorial Kodim 1612 Manggarai Kapten Musoli menjelaskan beberapa agenda kegiatan menjelang HUT ke 73 TNI selain donor danar,yakni ; kegiatan penghijauan di Lehong,Manggarai Timur,turnamen sepak bola di Anam dan Pota,turnamen bola voli di Borong,pembersihan pantai di 7 Koramil,sunatan massal di pulau Mules,pacuan kuda di Nanga Banda Reo serta Pemeriksaan Papsmir bagi Ibu-Ibu di Kota Ruteng.

Ketua Palang Merah Indonesia Cabang Manggarai Roni kaunang,mengharapkan selama kegiatan donor darah,masyarakat dapat berpartisipasi dan terlibat langsung untuk membantu sesama dalam bentuk donor darah.

Roni kaunang menjelaskan,selain anggota TNI dan masyarakat,beberapa sekolah di kota Ruteng,pihak Polres Manggarai,Brimob Kompi C juga dilibatkan dalam kegiatan donor darah ini’’Kalau ada masyarakat yang lihat juga,Kalau mau donor,biasanya langsung datang mendonor,’’Kata Kaunang.

Dijelaskannya,selama tahun 2018 sudah dilaksanakan donor dana massal sebanyak dua kali,selain melibatkan pihak TNI,juga pernah dilaksanakan dengan pihak BPJS pada bulan Juli lalu ‘’Ya meskipun penduduk dalam kota ini banyak,namun kesadaran untuk membantu sesama dengan mendonorkan darah masih kurang dan sangat kecil,paling Kita hanya dapat 50-60 kantung darah saja,Saya harap donor darah kali ini bisa dapat sampai 70 kantung darah,’’katanya.

Salah seorang warga Ruteng asal Hombel Helena Susana yang baru pertama kali mendonorkan darah mengaku senang bisa membantu sesama dengan memberikan darahnya bagi sesama yang membutuhkan ‘’ Dalam diri Saya,Saya diberkati Tuhan untuk membantu sesama,Saya tidak punya apa-apa untuk Saya berikan,’’Kata Helena.

Helena Susana salah seorang pendonor dalam kegiatan Domor Darah,di Lapangan Motang Rua Ruteng.   Foto : Aris

Ibu Helena yang sehari-hari bekerja sebagai Ibu rumah tangga ini berharap agar masyarakat luas,memiliki kepedulian kepada sesama,terutama kepada pasien atau orang-orang yang membutuhkan darah sehingga orang –orang sakit yang membutuhkan darah bisa terbantu ‘’kalau Kita semakin banyak membantu orang,dengan cara apa saja,misalkan hari ini Saya menyumbangkan darah,pasti Kita juga mendapat berkat dari Tuhan,’’Ujarnya.   ** (arismarsal)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.