Pemkab Manggarai

Peringati Hari Bakti PU Ke-78, Wabup Heri Bacakan Sambutan Mentri PUPR

Ruteng Kominfo- Apel Mingguan senin ( 04/12), disatukan dengan apel dalam rangka memperingati hari Bakti PU ke-78, tingkat Kabupaten Manggarai tahun 2023 , di halaman kantor Bupati Manggarai.

WakIl Bupati Manggarai Heribertus Ngabut S.H, yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam apel tersebut membacakan sambutan tertulis mentri PUPR RI.

Dalam sambutan tertulisnya mentri PUPR RI menyampaikan kinerja kementrian PUPR sepanjang tahun 2023 ini yang telah berhasil melaksanakan penugasan pembangunan infrastruktur antara lain:

Pertama, mendukung penyelenggaran event-event  internasional seperti KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, KTT ASEN ke-43 di Jakarta Convention Center, renovasi Taman Mini Indonesia Indah, serta piala dunia U-17 2023 di 4 propinsi yang menjadi tuan rumah yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kedua, melanjutkan pembangunan  infrastruktur dasar di IKN meliputi bendungan, jalan tol, air baku, jalan nasional, jalan logistik, kantor pemerintahan, serta hunian pekerja.

Ketiga, melanjutkan pembangunan proyek strategis nasional dimana 88 PSN telah selesai seperti bendungan, jalan tol, irigasi,sistim penyedian air minum, program satu juta rumah. Selanjutnya ditargetkan sebanyak 40 PSN lainya akan selesai di akhir tahun 2023 hingga akhir tahun 2024.

Keempat, Kementrian PUPR juga melanjutkan pembangunan infrastruktur kerakyatan terutama di desa-desa, melalui program padat karya tunai untuk membantu penyediaan lapangan kerja dan menambah penghasilan bagi 5,4 juta orang.

Sejak tahun 2016 hingga 2023, telah dibangun pula tidak kurang dari 583 jembatan gantung, 29 pasar rakyat, dan 1,35 juta unit rumah swadaya.

Kelima, sesuai Impres No 3 Tahun 2023 tentang percepatan peningkatan konektifitas jalan daerah kemetrian PUPR memulai penanganan jalan daerah sejak juli 2023 sepanjang 3139 km dan 2682 jembatan di 33 propinsi.

Seluruh capaian pembangunan infrastrukur diatas kata Mentri PUPR, dapat terwujud karena kerja keras, kekompakan, kebersamaan dan kerjasama dari seluruh unsur terkait termasuk mitra kerja PUPR.

Hadir dalam Apel tersebut yakni, Sekda Jahang Fansy Aldus, Para Asisten Setda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, dan ASN.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =