Pemkab Manggarai

Pemprov NTT Siapkan 2.500 bibit Bambu Untuk Ditanam di Tujuh Kabupaten

Kominfo – Pemerintah Provinsi NTT kini tengah giat membudidayakan tanaman bambu. Untuk mendukung hal tersebut, Pemerintah Provinsi NTT akan menyiapkan sebanyak 2.500 bibit bambu untuk ditanam. “Harapan NTT hanya tujuh kabupaten di NTT sebagai pemasok bambu, yakni kabupaten Sika, Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai, dan Manggarai Barat.

Hal tersebut diutarakan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Bea Mese kecamatan Cibal, Senin 18/4/2022.

Kenapa Bambu kata Gubernur Viktor, karena ke depan orang-orang tidak akan memakai kayu lagi. “Karena bambu bukan hanya zero karbon tapi minus. Luar biasa bambu ini,” ungkapnya.

Dijelaskan, ke depan gedung-gedung berlantai 50 akan memilih bambu, termasuk hotel-hotel, sepeda semua dari bambu.Tapi bambunya bukan seperti bambu batang dipasang tapi bambu laminating.

Bambu ini kata Gubernur, tidak termasuk dalam jenis pohon-pohon yang mempunyai kemampuan menyerap karbon, dia termasuk jenis rumput-rumputan.

Dijelaskan Gubernur Viktor, satu-satunya negara yang budidayakan bambu terbesar adalah China. Diharapkan, setelah ditanam nanti negara kita bisa memproduksi bambu minimal kedua di dunia setelah China. “Makanan sehat seperti rebung itu dari bambu dan paling diminati di China dan Jepang,” ujarnya.

Gubernur juga berharap 7 kabupaten tersebut dapat membantu dan menggerakan dalam memasok kebutuhan bambu. “Kalau kita tanam dua juta lima ratus ribu bibit, maka beberapa tahun ke depan kita akan memiliki jutaan bambu untuk produksi kebutuhan,” katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut, S.H. mengatakan, masyarakat Manggarai berharap agar Gubernur NTT sering-sering datang ke Manggarai agar kian dicintai, sehingga Gubernur bukan hanya dicintai tetapi semakin dicintai. “Datanglah ke Manggarai Pa Gubernur, jangan hanya dua atau tigakali tetapi dua belas kali seperti rasul Yesus,” ujar Wabup Heri disambut tawa undangan yang hadir.

Wabup Heri Ngabut juga menyampaikan, ucapan terimakasih harus disampaikan secara tegas, untuk semua kebaikan yang sudah dialirkan Tuhan kepada Gubernur NTT. “Ke depan apa yang kami saksikan, apa yang kami rasakan terus mengalir. Tentu tidak saja untuk Manggarai tetapi juga bagi kabupaten dan kota lain di NTT,” tuturnya. Wabup Heri juga menyampaikan, pada tahun ini, pemerintah daerah akan melanjutkan pekerjaan jalan di Bea Mese sejauh 3,5 kilo meter dan diharapkan tahun depan akan dilanjutkan.  (ars)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published.