Pemkab Manggarai

Pemkab Manggarai Terus Berikan Perhatian Terhadap Kualitas SDM Pelaku Wirausaha Pemula

Ruteng, Diskominfo Manggarai – Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja terus memberikan perhatian terhadap kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para pelaku wirausaha pemula yang ada di Kabupaten Manggarai. Salah satunya adalah dengan menggelar Pelatihan Teknis Barber/Cukur rambut yang pesertanya juga dari kalangan kaum disabilitas. 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja, Frederikus I. Jenarut, SE., di ruang kerjanya, Kamis (07/06/2024).

”Beberapa waktu lalu kami (Dinas) megadakan pelatihan Teknik Barber/Cukur rambut bagi  wirausaha Pemula se-kabupaten Manggarai. Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah bagi SDM para pelaku wirausaha pemula yang berdomisili di daerah destinasi pariwisata Kabupaten Manggarai,” jelas Jenarut.

Menurut dia kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi layanan jasa khususnya di bidang grooming / penampilan diri melalui pelatihan barber/ cukur rambut. Pelatihan ini dibuat   untuk memberikan pengetahuan tentang  teknik pemotongan rambut, perawatan rambut serta tren gaya rambut terbaru.

Dalam Kegiatan pelatihan yang sudah dilaksanakan pihaknya, para peserta tidak hanya menerima materi/teori tetapi langsung dengan sesi praktik. Praktik ini jelasnya, memungkinkan peserta untuk mengaplikasikan  teori yang telah dipelajari.

”Pemateri merupakan tenaga profesional dan praktisi yang telah berkecimpung secara teknis dalam usaha barber/cukur rambut yang ada di Kabupaten Manggarai. Sehingga selesai terori/materi, langsung dengan praktik,” tuturnya.

Kadis Diky Jenarut juga menambahkan, Pelatihan yang menggunakan DAK NF PK2UMK Tahun 2024 memiliki manfaat yang besar untuk peserta. Para peserta jelasnya, dapat mengembangkan keterampilan dalam teknik pemotongan rambut, pencukuran dan perawatan rambut khusus pria dan memahami berbagai jenis produk perawatan rambut dan cara penggunaannya.

Selain itu juga, mengasah kreatifitas dalam menciptakan gaya rambut yang sesuai dengan trend dan keinginan pelanggan dan tentu mendapatkan sertifikasi yang dapat meningkatkan kredibilitas dan daya saing di pasar kerja.

”Perhatian tidak hanya sampai di pelatihan tetapi kami (Dinas) terus mendampingi mereka, sampai para pelaku wirausaha pemula yang ada di Kabupaten Manggarai bebar-benar profesional. Karena ada laporan usai mengikuti pelatihan, beberapa peserta langsung membuka usaha Barber sendiri,” tutup Kadis Diky Jenarut. (MC Kab Manggarai)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − thirteen =