Pemkab Manggarai

Pemkab Manggarai Terima Tim VKN Pemprov Bali

Kominfo – Pemerintah kabupaten Manggarai mendapat kehormatan menjadi salah satu kabupaten yang menjadi target Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN), Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Pemerintah Provinsi Bali.

Kedatangan tim atau rombongan BPSDM Provinsi Bali yang dipimpin kepala UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai Komang Nopariaman, diterima langsung Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit, S.E.,M.A di aula Nucalale kantor Bupati Manggarai, Selasa 4 Oktober 2022.

Rombongan yang berjumlah 15 orang ini kemudian mendapat kehormatan dengan pengenaan topi dan selendang Manggarai.

Bupati Manggarai Herybertus Nabit dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan selamat datang kepada rombongan Visitasi Kepemimpinan Nasional di kabupaten Manggarai “Terima kasih sudah memilih Manggarai dan mewakili masyarakat Manggarai, saya ucapkan selamat datang,”ungkapnya.

Bupati Hery juga berharap pelaksanaan Visitasi ini dapat memberikan hal positif serta pengalaman dan informasi yang tentunya bermanfaat di masa yang yang akan datang “Mungkin tidak ada waktu untuk melaporkan perbaikan-perbaikan itu kepada Bapak dan Ibu sekalian, tetapi percayalah usulan-usulan dan pikiran-pikiran sekecil apapun akan kami ambil sebagai pelajaran dan diracik dengan kondisi lokal kami di Manggarai,”ujarnya.

Sementara itu kepala UPTD penilaian kompetensi pegawai Pemprov Bali Komang Nopariaman menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan secara bersamaan di empat (4) lokus.

Dua lokus kata Komang, berada di Provinsi NTB dan dua lokus lainnya di Provinsi NTT, yakni di kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat.

Dijelaskan Komang, Visitasi pelatihan kepemimpinan nasional tingkat II ini merupakan agenda pembelajaran kepemimpinan yang wajib dilaksanakan oleh peserta, karena merupakan bagian dari kurikulum dalam pembelajaran proses pelatihan kepemimpinan nasional.

Dirinya juga menyampaikan, beberapa perangkat daerah terkait, seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pertanian, Dinas Koperasi dan UMKM sudah berdiskusi dengan para narasumber terkait kebijakan program, potensi dan keunggulan yang ada di kabupaten Manggarai “Tentunya banyak pembelajaran yang didapatkan, terutama karena proses Visitasi memperoleh proses belajar,”katanya.

Ia juga berharap hasil analisa maupun rekomendasi yang diberikan para peserta, bisa dijadikan kacamata eksternal dari pemerintah daerah untuk melakukan pembangunan, pelayanan maupun pemerintahan kedepannya. Tentunya lanjut Komang, bagaimana membuat arah pelayanan ke depan lebih baik.

Di akhir acara penyambutan, dilakukan penyerahan Plakat dari Pemprov Bali kepada Bupati Manggarai serta foto bersama peserta.

Turut hadir dalam acara ini, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, pimpinan perangkat daerah, diantaranya, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Maksimilianus Tarsi, kepala Dinas Kominfo Heribertus Jelamu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Silvanus Hadir, kepala Dinas Perhubungan Saldy Sahadoen, kepala Dinas Perdagangan Livens Turuk, para kepala bagian serta undangan lainnya. (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − fourteen =