Pemkab Manggarai

Pemkab Manggarai Terima Kunjungan Duta Baca Indonesia

KOMINFO – Pemerintah Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur menerima kunjungan Duta Baca Indonesia , Gol A Gong, dalam kegiatan Safari Literasi 2022, di Gedung MCC Ruteng, Sabtu (12/03/2022) pagi.

Dalam kegiatan tersebut, sastrawan bernama asli Heri Hendrayana Harris tersebut menggelar dialog hingga seminar literasi bersama para guru, pelajar, mahasiswa, serta pegiat literasi di Kabupaten Manggarai.

“Kegiatan ini untuk mengkampanyekan budaya membaca dan menulis di kalangan masyarakat. Membaca itu sehat, menulis itu hebat. Spirit inilah yang ingin kami tularkan kepada masyarakat,” kata penulis buku Balada Si Roy tersebut.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, S.E., M.A, dalam sambutannya mengatakan bahwa, budaya membaca sangat penting.

“Kunjungan Duta Baca Nasional ini akan memberikan semangat yang tinggi untuk kita masyarakat Manggarai agar semakin giat dalam berlitarsi. Dan saya juga mendengar bahwa anak-anak muda kita sekarang antusias sekali dengan berbagai jenis kegiatan literasi seperti ini,”ungkapnya.

Menurut Bupati Hery, jika kita tidak membudayakan membaca maka tidak akan ada kemajuan.

“Bisa saja kita belajar melaui media, baik TV maupun media lainnya, tetapi itu tidak dijelaskan secara rinci. Dengan membaca kita bisa mengetehui secara rinci tentang suatu hal. Kalau tidak membaca, kita tidak akan jadi siapa-siapa. Keterampilan membaca, menulis dan berbahasa akan berkembang menjadi satu kesatuan,”tutur Bupati.

Bupati Hery juga meminta agar manfaatkan waktu dengan baik, bertanya dan berdiskusi sebanyak-banyaknya, dan membangun komunikasi awal, sehingga komunikasi seterusnya akan menjadi lebih baik.

“”Jaringan hari ini sangat penting, pintar saja tidak cukup. Seringkali orang yang berhasil adalah orang yang pas-pasan, tetapi dia diskusi dengan banyak pihak dan memiliki jaringan yang banyak, itu biasanya orang menjadi sukses,”pungkasnya.

Dalam sambutannya pula, Buapti Hery mengucapkan terima kasih kepada Bunda Baca NTT dan Pemprov NTT yang membuka jaringan dan ruang sehingga Duta Baca Nasional bisa mengunjungi Kabupaten Manggarai dalam Safari Literasi.

Untuk diketahui, Kegiatan Safari Literasi Duta Baca Indonesia dan Perpustakaan Nasional RI akan berlangsung selama tiga bulan, 18 Januari – 2 April 2022, dengan berkunjung ke sejumlah desa di Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.(*Melisa)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published.