Pemkab Manggarai

Pemkab Manggarai Sambut Kedatangan Peserta Lomba Lari Ultra Marathon Charity

Kominfo – Pemerintah kabupaten Manggarai menyambut kedatangan peserta lomba lari Ultra Marathon Charity 2022, bertempat di lantai 1 kantor Bupati Manggarai, Kamis 27/10/2022.

Tiba di kantor Bupati Manggarai pukul 19.00 wita, para peserta langsung diterima secara adat Manuk Kapu dan Tuak Curu oleh tua adat. Para peserta juga dikenakan selendang serta Tarian Tiba Meka oleh siswa-siswi SMAK Setia Bhakti.

Tampak Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit S.E.,M.A didampingi Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut, S.H, Sekda Manggarai Drs.Jahang Fansi Aldus, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, pimpinan perangkat daerah, unsur Forkopimda, Ketua dan Wakil ketua TP PKK kabupaten Manggarai, Camat Langke Rembong, serta undangan lainnya.

Bupati Herybertus Nabit dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih yang mendalam kepada Yayasan Plan Internasional (YPI) Indonesia “Terimakasih untuk kebaikan hati, terimakasih untuk kepedulian-kepedulian yang bahkan di kalangan kami sendiri ada sebagian yang tidak peduli. Tapi teman-teman datang dari jauh dengan kepedulian yaing luar biasa,”ungkapnya.

“Kami percaya dengan satu dan lain cara, Tuhan akan membalas dan mengingat kebaikan itu, “sambung Bupati Hery.

Dikatakan Bupati Hery, pemerintah daerah bersama masyarakat Manggarai, tidak hanya di dua desa, yakni desa Wae Codi dan desa Latung, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada YPI Indonesia yang sudah berbuat baik, terutama bagi masyarakat di desa Wae Codi dan desa Latung “anak-anak di desa Wae Codi dan desa Latung yang akan kita bantu, menjadi pendoa bagi Bapak dan Ibu,”ungkapnya.

Selain itu Bupati Hery juga menjelaskan tentang penerimaan secara adat dengan Ayam Putih yang melambangkan ketulusan dan putihnya hati untuk menerima para tamu yang datang di Manggarai dan menjadi saudara.

Bupati juga berharap, kegiatan yang akan berlangsung dapat berjalan sukses dan membawa kebaikan bagi masyarakat Manggarai terutama di desa Wae Codi dan desa Latung, kecamatan Cibal Barat.

Sementara itu Executive Director Yayasan Plan Internasional Indonesia Dini Widiastuti, juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah kabupaten Manggarai yang begitu ramah dan hangat menyambut dan mendukung kegiatan YPI Indonesia “Karena kita punya tujuan yang sama untuk anak-anak di Manggarai ini, supaya mereka mewujudkan potensi dan kita mulai dari hal yang paling basic adalah air bersih,”tutur Dini.

Dijelaskan Dini, akan ada 60 pelari dari berbagai daerah yang akan mengikuti lari Ultra Marathon Charity ini.
Selain itu Ia berharap tahun ini lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya dan juga semakin banyak yang bergabung dalam jelajah timur ini “Semoga kegiatan ini menjadi berkat bagi kita semua. Sampai tahun-tahun ke depan kita bisa lihat hasilnya,”pungkasnya.

Sebelum dijamu makan malam dan disuguhkan pertunjukan seni, Ketua TP PKK kabupaten Manggarai Ny.Meldyanti Hagur Marselina dan Wakil ketua TP PKK Ny.Florentina Ngabut menyerahkan kain tenun motif khas Cibal kepada seluruh pelari.

Yayasan Plan Internasional (YPI) Indonesia akan menggelar lomba lari Ultra Marathon Charity yang akan menempuh jarak sejauh 111 Km dari Cancar kecamatan Ruteng menuju Marina Bay, Labuan Bajo Manggarai Barat.

Yayasan Plan Indonesia melalui program “Jelajah Timur” melakukan penggalangan dana, yakni lomba lari Ultra Marathon Charity sejauh 111 Km.

Sebelum memulai lomba lari pada tanggal 28 Oktober 2022, para peserta terlebih dahulu akan mengunjungi desa Latung dan desa Wae Codi di kecamatan Cibal Barat guna melaksanakan kegiatan program sanitasi dan air minum bersih.
Berdasarkan survei dari YPI Indonesia, semakin panjang rute dari Marathon yang dilakukan, maka semakin banyak donasi yang didapatkan. (ars)

(foto : Prokopim)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 19 =