Pemkab Manggarai

Pemkab Manggarai Gelar Bimtek Penggunaan Aplikasi SRIKANDI

Ruteng, Diskominfo Manggarai – Dalam rangka penggunaan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, bersama Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip dan Aplikasi Srikandi, di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai, Selasa, 14/05/2024.

Bimtek yang dihadiri admin SRIKANDI dari seluruh Organisasi Peangkat Daerah Lingkup Pemkab Manggarai, rencananya akan berlangsung selama 3 hari (14-16 Mei 2024) dengan meghadirkan nara sumber Pejabat Fungsional Arsip Nasional RI (ANRI) antara lain Geza Surya Pratiwi, S.S, Taufik Ismail S. Kom, dan Rudi Anton S.H. M.H.

Bupati Manggarai melalui Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Manggarai, Gabriel P. A. Tjankoeng S.H, dalam sambutan saat membuka Bimtek menjelaskan, Aplikasi SRIKANDI merupakan aplikasi yang diluncurkan Pemerintah sebagai aplikasi umum bidang kearsipan yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. Dalam rangka penggunaan aplikasi srikandi tersbut, Pemkab Manggarai sudah melakukan berbagai persiapan yang menjadi komponen utama penggunaan aplikasi srikandi.

“Kita sudah melakukan berbagai persiapan yang menjadi komponen utama dalam penerapan Aplikasi SRIKANDI ini. Persapan tersebut seperti Bimtek pengelolaan Arsip, bimtek aplikasi Srikandi, serta pembenahan struktur organisasi dalam aplikasi SRIKANDI dan regulasi,” jelas Aldy Tjankoeng.

Menurut dia, penerapan aplikasi SRIKANDI, sebagai bagian integral dari pelayanan sistem pemerintahan berbasis elektronik.  Hal ini dilakukan dilakukan semata-mata untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Selain itu dapat memangkas biaya dan waktu, memberantas korupsi pelayanan, serta mewujudkan proses kerja yang efisien dan efektif.

Lebih lanjut dijelaskan, setelah Bimtek berlangsung, kiranya  aplikasi srikandi ini dijalankan serta diimplementasikan oleh setiap perangkat daerah agar kedepanya menjadi lompatan besar bagi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan e-government berbasis teknologi serta tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel yang kesemuanya akan bermuara pada pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Manggarai yang Maju dan Berdaya Saing.

“Selain itu, kegiatan bimtek tersebut juga sebagai bentuk keseriusan kita Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai untuk segera menerapkan sistem persuratan elektronik. Karena itu kembali saya harap kepada
seluruh kepala perangkat daerah dan juga para camat untuk konsiten dalam menertibkan pengelolaan arsip diperangkat kerjanya masing-masing,” tegasnya. (Petrus M. Nasrani)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *