Pemkab Manggarai

Pemerintah Kabupaten Manggarai menerima 4.600 dosis vaksin Covid-19

Pemerintah Kabupaten Manggarai menerima 4.600 dosis vaksin Covid-19 jenis Sinovac, hari Minggu sore (31/1/2021) bertempat di Gedung Instalasi Farmasi, Kelurahan Wali.

Hal ini ditandai dengan acara serah terima vaksin dan berita acara penyerahan vaksin dari Dinas Kesehatan Propinsi NTT melalui Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Ruteng, Abdul Aziz kepada Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus SH., MH.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, Nobertus Burhanus, dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 mengacu pada surat dari Kemenkes RI Nomor: SR.02.06/11/80/2021 tertanggal 8 Januari 2021, tentang instruksi vaksin dan rencana pelaksanaannya. “Isi surat antara lain sasaran vaksinasi Covid-19 untuk kelompok rentan berusia 18 hingga 59 tahun”, tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik akan kehalalan vaksin, maka pelaksanaan vaksinasi akan didahului dengan pemberian vaksin kepada 10 orang pimpinan dan tokoh daerah.

Sasaran vaksinasi tahap pertama bulan Januari dan Februari adalah tenaga kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan. Sedangkan untuk masyarakat umum akan dilakukan pada tahap berikutnya. “Dengan sasaran, menurut Kementerian, target SDMK (Sumber Daya Manusia Kesehatan) 2.160 orang. Kebutuhan dosis untuk SDMK 4.320. Yang kita terima hari ini sebanyak 4.600 dosis”, tuturnya. Untuk tenaga vaksinator, totalnya sebanyak 143 orang terdiri dari Dokter, perawat, dan bidan yang berasal dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas. “Tanggal 3 sampai 5 (Februari), itu ada pelatihan secara virtual sesuai surat dari Kementerian Kesehatan”, imbuhnya.

Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, SH.,MH, dalam sambutannya mengingatkan bahwa vaksinasi hanyalah satu dari sejumlah upaya dalam rangka mengatasi Covid-19. Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Kalau sudah divaksin bukan berarti kita aman seratus persen. Tetap ikuti protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, hindari kerumunan, itu tetap dilakukan”, tutur Bupati Deno.

Dalam kesempatan tersebut, Ia juga menyampaikan apresiasi kepada semua tenaga medis yang telah bekerja luar biasa mencegah penyebaran Covid-19. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada TNI, Polri, Perangkat Daerah, ASN, insan pers dan semua pihak yang telah bahu membahu bekerja sekuat tenaga mengatasi pandemi ini.

Terkait evaluasi penanganan Covid-19, Bupati Manggarai akan menggelar rapat evaluasi bersama Satgas, besok (Senin, 1/2/2021) yang berfokus pada hal-hal teknis penanganan jenasah terkonfirmasi Covid-19.(* – Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 5 =