Pemkab Manggarai

Meriahkan HUT ke 77 RI, Bupati Hery Buka Pagelaran Caci

Kominfo -Masih dalam suasana memperingati Hari Kemerdekaan ke 77 Republik Indonesia, sejumlah kegiatan diselenggarakan pemerintah Kabupaten Manggarai.

Salah satunya yakni, Pagelaran Caci yang berlangsung di Lapangan Motang Rua Ruteng, Kamis 18/8/2022.

Bupati Manggarai Herybertus G.L.Nabit, S.E., M.A saat membuka kegiatan tersebut berharap, agar lebih banyak anak-anak muda berpartisipasi dalam permainan caci.

Dijelaskan Bupati Hery, caci merupakan campuran tarian dan ketangkasan pertarungan untuk menunjukan kesatriaan dan keberanian. Dalam kesatrian caci mau menunjukan juga sebuah warisan nilai, yakni kejujuran.

Bupati Hery juga berharap kepada para pemain, meskipun pagelaran caci hanya diadakan selama 2 (dua) hari dan tidak bisa mengakomodir semua petarung, Bupati Hery meminta kepada panitia agar bersikap tegas untuk membatasi pemain”Kalau ada pembatasan lakukan pembatasan. Yang namanya caci, mau dibuat satu bulan juga tidak akan cukup waktunya. Semua mau bertarung, tetapi semua serba terbatas. Tidak hanya anggaran tetapi waktu juga terbatas,”ungkapnya.

Bupati Hery juga meminta pengertian, terutama dari peminat-peminat yang akan bertanding, untuk membatasi diri dan memberikan kesempatan kepada yang ingin bertanding.

Pada kesempatan tersebut, Bupati atas nama pemerintah kabupaten Manggarai juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para Camat yang telah menginisiasi penyelenggaraan Apel memperingati HUT ke 77 Republik Indonesia yang diadakan di kecamatan masing-masing “Saya tahu apel tidak hanya di tingkat kecamatan tetapi di desa-desa dan juga masyarakat adat di kampung-kampung. Dan ini tidak terlepas dari dorongan para camat dan para kepala desa di seluruh kabupaten Manggarai, “ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Drs Isfridius Buntanus menjelaskan, dalam pagelaran caci ini menghadirkan Kecamatan Langke Rembong sebagai Ngara Golo dan didukung oleh kecamatan Wae R,ii, kecamatan Cibal, Cibal Barat, Kecamatan Reo dan Reok Barat.

Sementara kecamatan Satar Mese bertindak sebagai Meka Landang dan didukung oleh kecamatan Satar Mese Utara, kecamatan Lelak, kecamatan Rahong Utara dan kecamatan Ruteng.
pagelaran caci yang akan berlangsung selama dua hari ini, diawali dengan acara Kapu.

Selanjutnya Bupati Manggarai didaulat melakukan pukulan kehormatan (Paki Ris) kepada Ngara Golo.

Sementara Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut berkesempatan melakukan pukulan kepada Meka Landang bersama ketua DPRD Matias Masir.

Disusul Sekretaris Daerah Jahang Fansi Aldus melakukan pukulan kepada Ngara Golo bersama perwakilan Kodim 1612, Polres Manggarai dan Kejaksaan Negeri Manggarai.

Turut hadir dalam acara ini, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Pimpinan OPD, Para kepala Bagian Lingkup Setda Manggarai, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta turut disaksikan masyarakat kota Ruteng dan sekitar. (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.