Pemkab Manggarai

Manggarai Mulai Vaksinasi Covid-19 Tahap Ke Dua

RUTENG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai mulai melaksanakan vaksinasi Covid 19 tahap ke dua. Pembukaan berlangsung di aula Ranaka, Kantor Bupati Manggarai pada Selasa, (09/03).

Hadir Bupati Manggarai, Herybertus G.L.Nabit, Sekda, Jahang Fansi Aldus, Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat, Ketua Pengadilan Negeri Ruteng, para Assisten Sekda dan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Manggarai.

Pantauan media ini, sasaran pertama yang mendapat suntikan vaksin tahap ke dua saat itu yakni Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat. Selanjutnya diikuti sejumlah tokoh agama dan kepala OPD lingkup Pemkab Manggarai.

Sementara itu, Bupati Manggrai, Heribertus G.L.Nabit belum bisa mendapat suntikan vaksin. Pasalnya, dirinya belum melakukan pemeriksaan kesehatan. Sementara dokter pribadi Bupati menyarankan Bupati Nabit  terlebih dahulu melakukan medical chek up.

Bupati Nabit dalam sambutannya mengatakan, kegiatan vaksinasi sebagai salah satu langkah pemerintah dalam menekan penyebaran Covid 19. Upaya pemerintah ini mesti didukung juga oleh semua elemen masyarakat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Menurut Bupati Nabit, para pemimpin agama termasuk para Pastor Paroki utamanya di kota Ruteng juga mesti mendapat vaksin covid 19 ini. Pasalnya, hampir setiap saat para Pastor terus melaksanakan tugas pelayanan di Gereja.

Bupati Nabit mengapresiasi  para tenaga kesehatan maupun gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 yang terus menjadi garda terdepan dalam mencegah dan menangani Covid 19.

Lebih lanjut Bupati Nabit mengingatkan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Manggarai agar membatasi perjalanan ke luar kota dalam pekan ini. Hal ini juga dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran covid 19.

Sementara PLT Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, Nobertus Burhanus dalam laporannya upun menyebut, hingga kini terdapat 2.104 sasaran yang telah mendapat imunisasi tahap ke dua. Sebanyak 2.095 orang diantaranya tenaga kesehatan, sementara 9 lainnya merupakan tokoh daerah.

Burhanus menjelaskan, sesuai surat Kepala Dinas Kesehatan Propinsi NTT tanggal 24 Februari 2021 lalu, alokasi vaksin covid 19 tahap ke dua termin pertama untuk Kabupaten Manggarai sebanyak 190 vial. Satu vial bakal digunakan untuk 8 sampai 9 orang. Vaksin itu telah tiba di Ruteng pada Sabtu (06/03).

Menurut Burhanus, sasaran vaksinasi tahap ke dua termin 1 yaitu para pelayan public. Sesuai alokasi vaksin, total sasaran vaksinasi tahap ke dua termin 1 ini sebanyak 1.585 orang. Hingga kini pihaknya telah menerima data dari 16 instansi lingkup Pemkab Manggarai dengan jumlah sasaran 688 orang.   ***YOGA

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *