Pemkab Manggarai

Kunjungi SDI Longos, Bupati Hery Sempatkan Mengajar Siswa dan Siswi


Kominfo- Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit, S.E.,M.A mengunjungi SDI Longos di desa Bea Kondo kecamatan Satar Mese Barat, Kamis, 25 Mei 2023. Bupati Hery menyempatkan diri mengajar siswa-siswi di sekolah tersebut.

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari Program Bupati Masuk Sekolah yang digagas Bupati Hery beberapa waktu lalu.

Tiba di SDI Longos, Bupati Hery yang didampingi Kadis PPO Frans Gero, sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah, para kepala bagian, Camat Satar Mese Barat serta unsur Forkopimca, langsung masuk ke dalam kelas dan menguji para siswa dengan menanyakan pertanyaan berkaitan dengan pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika dasar .

Bupati Hery mengatakan, agar mutu dan kualitas pendidikan mengalami peningkatan, pemerintah daerah kabupaten Manggarai terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan,’’tentu salah satu cara untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan kita dengan mengunjungi sekolah-sekolah dalam Program Bupati Masuk Kelas ini,’’terang Bupati Heri.

‘’Perlu diketahui, Bupati masuk kelas bukan untuk mengambil alih peran guru. Biar kita sama-sama tahu persoalan yang dihadapi sekolah, para guru. Tentu ini tugas kita bersama untuk memajukan pendidikan di Manggarai,’’ucapnya

Dikatakan Bupati Hery, yang paling penting mendapat data-data statistik mengenai kondisi pendidikan di Manggarai, terutama terkait hal Literasi dan Numerasi yang memiliki persoalan dan tentu akan diperbaiki dalam waktu-waktu mendatang “kita hadir di sekolah-sekolah juga untuk memelihara asa dan harapan, bahwa sesuatu yang rata-rata buruk, tidak semuanya buruk,’’ungkap Bupati Heri.

“Ada juga hal-hal baik yang kita temui, seperti di SDI Longos menurut saya kondisi siswa tentang matematika dasar, baca tulis juga baik. Kalaupun ada satu atau dua anak bermasalah dalam hal membaca dan menulis, tetapi menyenangkan anak-anak jujur dan mengakui akan hal itu,’’sambungnya.

Bupati Hery mengatakan, tentunya dalam rapat bersama guru-guru di SDI Longos, hal ini menjadi perhatian serius para guru, untuk anak-anak yang masih bermasalah dengan persoalan baca tulis dan menghitung.

Pada kesempatan tersebut Bupati Hery menyampaikan beberapa hal untuk diperhatikan, diantaranya terkait literasi dasar (baca-tulis) ‘’pastikan yang lulus bisa baca tulis dengan baik. Jangan sampai ada yang lulus, tapi tidak bisa baca tulis dengan baik,’’katanya.

Hal lain yang menjadi pesan dan perhatian Bupati adalah Numerasi (Berhitung) ‘’Saya mohon perhatian Bapak dan Ibu guru untuk perhatikan perkembangan pelajaran matematika anak-anak didik kita,’’ujarnya.

Sementara itu hal lain yang menjadi perhatian Bupati adalah tentang pendidikan karakter ‘’hal karakter pada anak sederhana saja, bisa buat kegiatan ekstra seperti pramuka, olah raga untuk membangun karakter anak-anak kita yang bisa memiliki karakter dan tanggung jawab,’’paparnya. (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − fourteen =